KPU dan Kesbang Gencarkan Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan

  • 02 Agustus 2022
  • 14:00 WITA
  • Karangasem
  • Dibaca: 1473 Pengunjung
Istimewa/suaradewata

Karangasem, suaradewata.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Karangasem gencar sosialisasi program Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan (DP3). Pelaksanaan DP3 di 8 Kecamatan di Kabupaten Karangasem merupakan bagian dari pendidikan demokrasi  kepada masyarakat.

Ketua Divisi Perencanaan, Data, dan Informasi KPU Kabupaten Karangasem I G Krisna Adi Widana.,ST.MAP menilai Pemkab Karangasem melalui Kesbangpol Kabupaten Karangasem yang begitu peduli pendidikan demokrasi untuk masyarakat Kabupaten Karangasem. 

“Hal ini dibuktikan dengan menggulirkan anggaran untuk sosialisasi ke beberapa desa yang ada di Kabupaten Karangasem ," kata Krisna di sela-sela sosialisasi program DP3 di Aula Gedung Kantor Desa Bungaya Kangin, Kecamatan Bebandem,  Selasa 2 Agustus 2022.

"Pendidikan demokrasi kepada masyarakat, dinilai sangat penting. Bahkan pelaksanaan sosialisasi ini  disinergikan dengan momentum yang akan menyongsong pemilu dan pemilihan serentak tahun 2024," kata Krisna.


Krisna berharap pelaksanaan sosialisasi ini terciptanya pemilu yang kondusif, aman, dan berkualitas, karena masyarakatnya sudah diberikan pendidikan demokrasi. Selain itu, ia berharap dapat meningkatkan partisipasi pemilih pada saat pemilu dan pemilihan mendatang.
"Kita juga berharap, para peserta yang hadir dapat menyebarluaskan informasi tersebut kepada masyarakat sekitar yang ada di desa masing-masing," harapnya.
Ia mengatakan, para peserta yang hadir dan diundang pada pelaksanaan sosialisasi itu terbatas. Termasuk waktu dan anggarannya pun terbatas.

"Untuk itu, kami berharap para peserta yang hadir bisa mensosialisasikan ulang ke seluruh lapisan masyarakat yang belum sempat diundang dalam sosialisasi. Artinya, bisa disampaikan melalui mulut ke mulut," kata Krisna penuh harap

Ia mengatakan pada Pemilu serentak 14 Februari 2024 mendatang, yaitu pelaksanaan Pilpres, DPR RI, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten/Kota, dan DPD RI. 

"Kita berharap masyarakat untuk memanfaatkan hak pilihnya maupun hak dipilih. Kegiatan sosialisasi ini diharapkan dapat meningkatkan partisipasi masyarakat, dan pelaksanaan pemilu maupun pemilihan berkualitas untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat," Pungkas Krisna penuh semangat.rls/nop


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER