Wabup Kembang Hartawan Pimpin Rapat Cepat Tanggap  Antisipasi Corona

  • 12 Maret 2020
  • 21:40 WITA
  • Jembrana
  • Dibaca: 2281 Pengunjung
suaradewata

Jembrana,suaradewata.com-Kordinasi cepat langsung dilakukan Wakil Bupati Jembrana I Made Kembang Hartawan. Kamis (12/3),  Wabup Kembang langsung mengelar rapat cepat tanggap didampingi  Asisten I Nengah Ledang, serta OPD terkait  guna mengantisipasi peyebaran virus Corona (COVID-19) di Jembrana.  Turut hadir  Dinas Kesehatan, RSU Negara, Dinas Pendidikan Pemuda dan  Olahraga , Dinas Kominfo, serta camat se-Jembrana. 

Setelah sebelumnya melakukan pengecekan ruang isolasi serta kesiapan RSU, secara khusus, Kembang mengintruksikan kepada jajarannya untuk tanggap dan  turun kebawah melaksanakan langkah antisipasi . Hal itu bentuk  cegah tangkal dini setelah satu orang pasien warga Jembrana  masuk dalam pengawasan (PDP) virus corona atau COVID-19, saat ini  ditangani Rumah Sakit Umum Negara. Kendati statusnya masih dalam pengawasan (bukan positif Corona), Kembang meminta aksi nyata pencegahan secepatnya dilaksanakan. “OPD terkait, lakukan aksi nyata dalam mengantisipasi masuknya virus corona di Jembrana. Lakukan sosialisasi dan edukasi masyarakat,” tegasnya. 

Seperti Dinas Kesehatan, Kembang memerintahkan untuk  turun mengindentifikasi orang-orang yang berinteraksi dengan pasien PDP. Mulai dari keluarga sampai rombongan berangkat umroh asal Jembrana yang satu kloter dengan pasien. Hal ini untuk mengetahui apakah ada anggota keluarga atau koleganya yang memiliki gejala serupa. Selain itu, Kembang juga minta pihak dinas mengintensifkan desinfektan, melakukan penyemprotan  dilingkungan sekitar/tempat tempat umum. 

Sosialisasi kepada masyarakat juga dimintanya diintensifkan. Seperti Dinas Pendidikan dimintanya  turun ke sekolah-sekolah mengedukasi pola hidup bersih, mengecek ketersediaan tempat cuci tangan bagi siswa. 

Kepada  warga Jembrana,  Kembang   juga meminta agar tidak cemas dan panik dalam menyikapi penyebaran Virus Corona. Pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten sudah mengantisipasi penyebaran virus tersebut. “Kepada seluruh masyarakat untuk selalu menjaga kesehatan dengan cara hidup bersih, menjaga imunitas tubuh tetap fit, dengan memberikan asupan gizi yang baik dan istirahat yang cukup”, ujar Kembang.

 Kondisi Pasien Makin Membaik

Sementara dari penjelasan, dr Nara Kusuma Wirawan, Sp. PD yang menangani pasien ,menyatakan kondisi pasien PDP di RSU Negara  semakin membaik. Keluhan sebelumnya demam dan sesak  sudah tidak ada. ”Bahkan suhunya tergolong normal mencapai 36 derajat. Hanya masih ada sedikit batuk,“ papar Nara Kusuma.

Hanya saja untuk menentukan status pasien apakah positif terpapar virus Corona (COVID-19), menurutnya tetap harus dilakukan pemeriksaan lanjutan. Perlu dilakukan pemeriksaan swab tenggorokan di RS Rujukan, mengingat fasilitas lab dan pengambilan sampel  ada disana. Pihak RSU saat ini terus berkordinasi dengan Dinas Provinsi dan Rumah sakit rujukan, termasuk apakah pasien harus dirujuk atau cukup dirawat di RSU Negara saja. dep/nop


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER