Pemkab Karangasem Lakukan Langkah Antisipasi Soal Corona Virus

  • 04 Maret 2020
  • 15:55 WITA
  • Karangasem
  • Dibaca: 2100 Pengunjung
istimewa

Karangasem, suaradewata.com - Bupati Karangasem I GA Mas Sumatri mengimbau masyarakat Kabupaten Karangasrem tidak berlebihan dalam merespons berita virus corona. Mas Sumatri meminta masyarakat tetap tenang dan menjalankan aktivitas seperti biasa serta menjalankan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

“Salah satu hal yang penting dalam pencegahan ini adalah PHBS,” papar Mas Sumatri yang ditemui saat memimpin Rakor Kesiapsiagaan menghadapi COVID-19 (Corona Virus Disease),di Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Karangasem, Rabu (4/3).

Seberat apapun tantangan yang dihadapi terkait virus corona, lanjut Mas Sumatri, masyarakat diharapkan bisa menghadapi dengan hati tenang dan kepala dingin.

Mas Sumatri yang melakukan rapat koordinasi terkait virus corona, lanjut meminta OPD terkait untuk mensosialisasikan kepada masyarakat terkait cara-cara pencegahan dan penanganan yang bisa dilakukan.

“Karena kepanikan tidak akan menyelesaikan masalah. Saya berharap kesiapsiagaan menghadapi penyebaran dampak Virus Corona di Kabupaten Karangasem tidak hanya dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan dan jajarannya saja, tetapi menjadi tanggung jawab bersama,” tegasnya.

Untuk itu pihaknya mohon dukungannya terutama Polres Karangasem dan Kodim 1623 Karangasem yang mempunyai aparat sampai di tingkat desa yaitu Babinkamtibmas dan Babinsa agar membantu mengedukasi masyarakat binaannya agar meningkatkan kewaspadaannya tetapi tidak panik berlebihan dalam menyikapi situasi terkini terkait perkembangan dampak virus Corona.

Selain itu, Mas Sumatri juga memaparkan langkah-langkah yang perlu segera dilaksanakan sebagai kesiapsiagaan menghadapi ancaman penyebaran virus Corona di Kabupaten Karangasem. Diawali dari Kantor Kesehatan Pelabuan (KKP) wilayah kerja Padang Bai, diminta melakukan deteksi dini terhadap penumpang yang datang dari daerah terjangkit virus corona dengan menggunakan peralatan yang telah dimiliki dan prosedur yang sudah ditetapkan.

 "Secara niskala kita sudah melaksanakan ritual Nangluk Merana.Selanjutnya mari tingkatkan juga pengawasan dan kewaspadaan di kawasan pariwisata, hotel, restauran dan tempat keramaian lainnya," imbuhnya.

Dia juga meminta Surveilans Dinas Kesehatan dan seluruh puskesmas meningkatkan pengawasan sesuai pedoman kesiapsiagaan menghadapi Corona Virus (Covid-19). "Pastikan kesiapan logistik ditiap Rumah Sakit mencukupi dalam menghadapi virus corona," ujarnya, sembari menghimbau kepada masyarakat agar tidak membeli masker secara berlebihan. Rls/nov/sar


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER