Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Gedung Baru, Fasilitas RSUD Negara Kini Lebih Lengkap

  • 14 Februari 2020
  • 18:30 WITA
  • Jembrana
  • Dibaca: 1226 Pengunjung
suaradewata

Jembrana,suaradewata.com - Gedung baru RSDU Negara resmi beroperasi dan melayani masyarakat Jembrana. Peresmian gedung baru ditandai pengguntingan pita serta pelepasan balon gas keudara oleh Bupati Jembrana I Putu Artha, didampingi wakilnya I Made Kembang Hartawan. jumat ( 14/2). 

Kini rumah sakit tertua di Jembrana itu memiliki enam gedung baru menggantikan bangunan sebelumnya, sehingga jauh lebih megah, lengkap dan luas. Enam gedung baru itu diantaranya Gedung Poliklinik, Instalasi Gawat Darurat, Instalasi Bedah Sentral, Ruang rawat inap  dan Ruang rawat inap kelas I,II ,II  serta gedung laboratorium.  “Gedung baru ini selain menambah fasilitas, juga motivasi bagi kami meningkatkan pelayanan kesehatan sekaligus derajat kesehatan masyarakat Jembrana,” ungkap dr I Gusti Ketut Oka Parwata Direktur RSUD Negara. 

Lebih lanjut, dr Oko Parwata mengatakan, dengan penambahan gedung baru ini, total luasan RSU negara kini mencapai 3 hektare. Fasilitasnya juga lebih lengkap karena memiliki fasilitas pelayanan kesehatan terkini. “Gedung IBS,  sistem alur pasien sudah sesuai standar nasional, sistem pintu otomatis, ruangan OK menggunakan sistem hepa filter guna mengurangi infeksi,” jelasnya. 

Untuk di ruang instalasi Gawat Darurat (IGD) kini juga lebih luas dengan bangunan berlantai tiga. Ruang IGD dilengkapi ruang triage, ruang kebidanan, ruang dekontaminasi, ruang isolasi , ruang ashma bay serta didukung ambulance yang siap siaga. “Keluhan sebelumnya akan ketersediaan kamar rawat inap, juga coba diatasi dengan gedung baru rawat inap dan VIP. Kapasitasnya kini memiliki 15 tempat tidur VVIP serta 40 tempat tidur VIP.Sementara Ruang Irna I, II dan III memiliki daya tampung 149 bed. Fasilitas kamar VVIP maupun VIP serta UGD yang terintegrasi dan peralatan kedokteran lainnya terstandar,” tegasnya. 

Tidak kalah pentingnya adalah sarana parkir. Kini parkir RSUD negara jauh lebih luas dari sebelumnya. Pemusatan parkir terbagi dua  yakni dihalaman depan, tepatnya di halaman  gedung instalasi rawat jalan. Sisanya dipusatkan diareal belakang, dekat dengan ruang rawat inap pasien. Begitu juga dari sisi pelayanan, RSUD Negara didukung tenaga dokter umum 21 orang, dan 20 dokter spesialis. Jumlah itu secara bertahap akan terus dipenuhi utamanya tenaga dokter spesialis. “Masih ada yang sedang menempuh pendidikan spesialis. Diantaranya spesialis  anak, mata, kulit , jantung , paru, orthopedi, interna dan bedah plastik. Nantinya  usai  selesai pendidikan kembali  memberikan tambahan tenaga dan  pelayanan bagi RSUD Negara. Harapannya dengan penambahan fasilitas baru dapat mendorong peningkatan kualitas pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Kita ingin memberikan pelayanan secara maksimal , mengingat kesehatan salah satu program prioritas dari pimpinan daerah. Jadi masyarakat tidak perlu jauh-jauh berobat, itu harapan kita kedepan,” pungkasnya dep/nop


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER