Danau Buyan Dikekola Secara Mandiri Oleh Warga, Bupati Harapkan Tetap Menjaga Lingkungan

  • 03 Februari 2020
  • 20:20 WITA
  • Buleleng
  • Dibaca: 1723 Pengunjung
istimewa

Buleleng, suaradewata.com - Rencana warga Desa Pancasari, Kecamatan Sukasada, Buleleng, untuk mengelola Danau Buyan secara mandiri, disambut positif oleh Bupati Buleleng, Putu Agus Suradnyana. Upaya ini sebagai langkah untuk pemberdayaan masyarakat di wilayah Danau Buyan dengan memberi ruang untuk menikmati danau tanpa mengorbankan lingkungan.

Hal tersebut disampaikan Bupati Suradnyana, saat menggelar pertemuan dengan para tokoh masyarakat Desa Pancasari, didampingi oleh anggota DPRD Buleleng dapil Sukasada, I Wayan Indrawan, pada Senin (3/2) di ruang rapat lobby Kantor Bupati Buleleng.

Warga Desa Pancasari juga sangat antusias dalam mendukung rencana pembangunan tersebut. "Warga ikut berpartisipasi dalam pengelolaan Danau Buyan secara mandiri yang turut menjadi penunjang kemajuan Desa Pancasari. Kami tentu akan berupaya untuk terus menjaga lingkungan di kawasan desa demi perkembangan potensi," kata salah satu tokoh masyarakat yang hadir dalam pertemuan itu.

Sementara itu Bupati Suradnyana mengakui, Buleleng memiliki cara yang berbeda dengan daerah lainnya dalam perkembangan daerah. Pelestarian lingkungan menjadi prioritas dalam mengembangkan segala potensi yang ada di Buleleng, salah satunya potensi wisata.

Sehingga, penataan lingkungan akan menjadi magnet untuk meningkatkan daya tarik wisatawan yang berkunjung ke Buleleng. "Saya ingin masyarakat pancasari juga bisa menikmati kawasan danau buyan ini secara utuh," ujar Suradnyana.

Menurut Suradnyana, warga desa Pancasari harus mampu menciptakan kebersamaan dengan tetap mengatur distribusi yang baik dalam pengelolaan danau buyan. Penataan danau buyan ini memiliki tujuan yang baik, yakni mengutamakan kesejahteraan masyarakat dan pelestarian lingkungan.

Untuk Suradnyana meminta, aparat desa untuk tidak lagi memberikan izin kavling di daerah koservasi, karena akan sangat mempengaruhi ketersediaan sumber air pada wilayah-wilayah yang berada dihilir. "Saya dukung rencana pengelolaan yang akan dilakukan oleh warga, dengan catatan tetap menjaga persatuan dan kesatuan antar warga," pungkas Suradnyana. rik/nop


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER