Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Demi Kemajuan Bangsa Dibutuhkan Gotong Royong Pemerintah , Media Dan Warganet

  • 18 Januari 2020
  • 20:55 WITA
  • Nusantara
  • Dibaca: 1186 Pengunjung
google

Opini,suaradewata.com - Sejak terbukanya kebebasan informasi dan teknologi media, pertumbuhan media massa dan media baru mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Media komunikasi yang telah bermetamorfosis menjadi media digital berkembang semakin beragam, lebih gampangnya direpresentasikan oleh pertumbuhan smartphone dan sejenisnya.

Dewasa ini penetrasi berbagai jenis media tersebut telah merambah ke berbagai kalangan dan komunitas di masyarakat, tanpa membedakan strata sosial dan ekonomi. Penggunaan media komunikasi smartphone dan sejenisnya telah bergeser menjadi gaya hidup masyarakat tertentu. Maka tidak heran jika kehidupan masyarakat kita saat ini tidak bisa terpisahkan oleh kehadiran teknologi media komunikasi.

Literasi media hadir sebagai benteng bagi khalayak agar kritis terhadap isi media, sekaligus menentukan informasi yang dibutuhkan dari media. Literasi media diperlukan di tengah kejenuhan informasi, tingginya terpaan media, dan berbagai permasalahan dalam informasi tersebut yang mengepung kehidupan kita sehari-hari.

dalam Simposium Gerakan Literasi Nasional (GLN) pada 22 Desember 2019 di Madiun, Asdep PAUD Dikdas dan Dikmas Kemenko PMK, Femmy Eka Kartika Putri, mengatakan literasi memiliki kontribusi positif dalam rangka membantu menumbuh kembangkan kreasi dan inovasi serta meningkatkan keterampilan serta kecakapan sosial yang sangat dibutuhkan pada era revolusi industri 4.0. Rendahnya budaya literasi merupakan masalah yang serius. Maka, perlu menumbuhkan budaya literasi melalui berbagai kegiatan Gerakan Literasi sejak usia dini agar menghasilkan kompetensi literasi.

Masyarakat perlu saling mendukung dalam upaya literasi, salah satunya dengan mengontrol informasi atau pesan yang diterima. Literasi media memberikan panduan tentang bagaimana mengambil kontrol atas informasi yang disediakan oleh media. Semakin media literate seseorang, maka semakin mampu orang tersebut melihat batas antara dunia nyata dengan dunia yang dikonstruksi oleh media.

Orang tersebut juga akan mempunyai peta yang lebih jelas untuk membantu menentukan arah dalam dunia media secara lebih baik. Pendeknya, semakin media literate seseorang, semakin mampu orang tersebut membangun hidup yang diinginkan dibandingkan membiarkan media membangun hidup kita sebagaimana yang media inginkan namun tidak sesuai dengan karakter yang dimiliki sehingga pada akhirnya hanya menjadi korban dari perubahan zaman.

Berkembangnya literasi media diberbagai aspek memberikan efek yang luar biasa dalam penyampaian pesan kepada khalayak atau masyarakat. Program Pemerintah perlu didukung dalam mencakup pemerataan pengetahuan kepada seluruh rakyat Indonesia. Partisipasi rakyat sangatlah besar diperlukan dalam mewujudkan program Pemerintah 5 tahun kedepan. Tak hanya yang bersentuhan langsung dengan program tersebut, namun seluruh aspek dalam pembangunan manusia seutuhnya guna menuju kehidupan yang kebih baik.

Atas perkembangan tersebut, Media juga dituttut perannya dalam pembangunan bangsa melalui fungsinya yaitu salah satunya ikut mendiseminasi program Pemerintah melalui literasi media. media juga mempunyai peranan penting dalam menangkal berbagai penyebaran berita hoax dan berita berita negatif lainnya dengan menyuguhkan berbagai informasi yang mengedukasi serta menyebarkan semangat persatuan dan kesatuan. Bukan hanya sekedar kritik dan apalagi malah ikut menyebarkan informasi yang belum tentu benar dan justru menimbulkan perpecahan. Di era informasi saat ini media memiliki peran strategis dalam memajukan bangsa.

Disisi lain Munculnya warganet juga tak kalah penting dengan warga yang mendapat literasi secara langsung. Bahkan, dunia internet dikatakan lebih efektif dalam penyampaian sebuah informasi dengan tanpa mengenal waktu dan tempat. Dengan demikian, sinergitas insan mefia bersama pemerintah melalui program program literasi sangat ampuh mengedukasi warganet dalam upaya mendukung kemajuan negeri. Pemberian hashtag optimis dalam membangun Indonesia merupakan salah satu yang mudah dilakukan namun sangat besar pengaruhnya terhadap psikologi warganet. Terlebih lagi dengan menyertakan ilustrasi yang mudah ditangkap, menjadikan literasi media digital jauh lebih ampuh. Oleh karena itu, peran pemerintah dan insan media serta kesadaran masyarakat dalam membangun dan meningkatkan literasi berguna dalam menangkal berbagai isu negatif dan mampu memajukan Indonesia dengan secara cerdas ikut berkontribusi mensukseskan Program Pembangunan Nasional Lima Tahun Kedepan.

Zav Hidayatullah, Penulis adalah Pengamat Politik


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER