HUT ke-40 ST Pagar Wahana, Giri Prasta : Sekaa Truna Harus Mampu Menciptakan Lapangan Pekerjaan

  • 24 Desember 2019
  • 16:55 WITA
  • Badung
  • Dibaca: 1792 Pengunjung
istimewa

Badung, suaradewata.com - Bertepatan dengan Hari Ibu ke-91, Minggu (22/12/2019), Sekaa Teruna (ST) Pagar Wahana Banjar Pelaga merayakan HUT ke-40 yang dirangkaikan dengan penutupan dan pengumuman Juara Turnamen Mini Soccer bertempat di Gedung Serbaguna, Desa Adat Pelaga, Kecamatan Petang. Turnamen Mini Soccer digelar dalam upaya meningkatkan kreatifitas demi menjaga sportifitas dan solidaritas, yang dilaksanakan selama 7 hari dari tanggal 15-22 Desember 2019. Acara tersebut dihadiri langsung oleh Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta didampingi Camat Petang I Gede Eka Sudarwitha beserta Unsur Tripika, Babinsa dan Bhabinkamtibmas Desa Pelaga, Sekdes Desa Pelaga Ni Luh Eka Deviyani, Bendesa Adat Pelaga, Sekaa Teruna se-Desa Adat Pelaga, tokoh serta masyarakat setempat.

Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta dalam sambutannya menyampaikan pesan khusus kepada Sekaa Teruna dijaman sekarang ini agar tidak ada lagi anggota ST yang tamat sekolah tidak bekerja. "Yang ada kedepan itu adalah sekaa truna sebagai generasi melenial harus mampu menciptakan lapangan pekerjaan. Itulah yang di lakukan Giri Prasta selaku Bupati karena paham betul apa yang terjadi dijaman global seperti sekarang ini," ungkap Giri Prasta yang sekaligus tokoh masyarakat Desa Pelaga yang saat muda juga pernah menjabat sebagai Ketua Sekaa Truna Pagar Wahana ini.

Dulu sewaktu pihaknya selaku Ketua ST. Pagar Wahana, Giri Prasta mengatakan waktu itu adalah generasi membangun. Dimana saat itu setiap hari libur mengajak sekaa teruna ke kali mencari pasir untuk membangun jalan menuju ketempat- tempat suci. Sedangkan untuk membeli semen sekaa truna mengadakan berbagai macam penggalian dana pada saat itu. 

"Itu yang kami lakukan saat itu untuk membantu meringankan dan memperlancar akses masyarakat untuk bersembahyang menuju ke tempat- tempat suci yang ada di wilayah Desa Adat Pelaga seperti Pura di Bukit Peninjauan," terangnya.

Sementara itu Ketua ST. Pagar Wahana I Gede Yoga Artha, mengucapkan banyak terima kasih atas kehadiran Bapak Bupati Badung serta undangan yang lain dalam puncak perayaan HUT Sekaa Terunanya. Dikatakan Sekaa Teruna ini sudah menjalankan yang namanya konsep Tri Hita Karana yaitu Parahyangan, Pawongan dan Palemahan yaitu dengan melaksanakan kegiatan mereresik di lingkungan Banjar Adat dan di lingkungan areal tempat suci atau pura, melaksanakan gotong royong (menyama braya) untuk kegiatan pribadi sekaa truna dalam rangka kegiatan pernikahan dan ikut serta dalam kegiatan pembangunan untuk tempat- tempat suci. Pihaknya juga melaporkan berbagai kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka memperingati perayaan tahun ini diantaranya menggelar Turnamen Mini Soccer dalam upaya meningkatkan kreatifitas demi menjaga sportifitas dan solidaritas Sekaa Teruna.

"Untuk kegiatan sportivitas kami Sekaa Teruna Pagar Wahana sudah melaksanakan Turnamen Mini Soccer yaitu Sepak Bola Mini yang d ikuti oleh Sekaa Truna yang ada di Desa Pelaga dan Desa Belok Sidan, kegiatan ini kami laksanakan untuk mempererat tali persaudaraan antara sekaa teruna di masing masing Banjar Adat yang ada di wilayah Desa Pelaga dan desa sekitarnya," ungkap Yoga.

Pada kesempatan tersebut Bupati Giri Prasta menyerahkan dana motivasi sebesar Rp 24 juta dan dari Pemerintah Desa Pelaga Rp 20 juta yang diterima oleh Ketua ST. Pagar Wahana. ang/sar


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER