DPMPTSP Kabupaten Badung Raih Penghargaan Bergengsi "Zona Integritas" dari Menteri PANRB

  • 10 Desember 2019
  • 21:45 WITA
  • Badung
  • Dibaca: 2644 Pengunjung
istimewa

Jakarta, suaradewata.com - Dalam rangkaian peringatan Hari Anti Korupsi Internasional tahun 2019, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) memberi penghargaan kepada Unit Kerja dan Instansi Pemerintah yang berhasil membangun Zona Integritas.

Penghargaan diserahkan langsung oleh Wakil Presiden RI, Ma’ruf Amin kepada Para Pelopor Perubahan yang dinilai berhasil membangun zona integritas  sehingga mendapatkan predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM), di Hotel Bidakara, Jakarta, Selasa, (10/12/2019).

Wakil Presiden menyampaikan WBK/WBBM merupakan predikat yang diberikan kepada unit-unit kerja pelayanan yang pimpinan dan jajarannya mempunyai komitmen kuat untuk memberantas korupsi serta peningkatan pelayanan melalui reformasi birokrasi. 

"Penghargaan yang telah diraih diharapkan mampu menjadi motivasi dalam mewujudkan Wilayah Bebas Korupsi dan pelayanan prima di semua unit penyelenggara pelayanan publik," ungkap Ma’ruf Amin, Selasa, (10/12/2019).

Selanjutnya Menteri PANRB, Tjahyo Kumolo dalam laporannya menyampaikan untuk mendapat penghargaan Zona Integritas tidaklah mudah, karena harus melalui tahapan yang sangat ketat dan survei persepsi korupsi secara online maupun wawancara langsung dengan pengguna layanan. Terdapat enam tahapan dalam pembangunan Zona Integritas yaitu Tahap Pertama Pencanangan ZI pada unit kerja, Tahap kedua, yakni pembangunan terhadap enam area perubahan yang meliputi manajemen perubahan, penguatan tata laksana, penguatan manajemen SDM, penguatan akuntabilitas kinerja, penguatan pengawasan, dan peningkatan kualitas pelayanan publik. Tahap ketiga, penilaian oleh Tim Internal, Tahap keempat, evaluasi oleh Tim Penilai Nasional. Tahap kelima, penetapan predikat unit kerja pelayanan WBK/WBBM.  

"Selanjutnya tahap terakhir yaitu penyerahan penghargaan WBK/WBBM kepada unit kerja pelayanan," ucap Tjahyo Kumolo.

Sementara Kepala DPMPTSP Kabupaten Badung, I Made Agus Aryawan menjelaskan bahwa penghargaan Zona Integritas yang diterima instansinya merupakan wujud komitmen dan kerja keras jajarannya dalam meningkatkan kualitas pelayanan serta membangun integritas. 

"Selaku pimpinan di Unit Kerja, haruslah menjadi simbol reformasi birokrasi dan agen perubahan yang menunjukan komitmen integritas tinggi dengan birokrasi yang semakin bersih, akuntabel, berkinerja tinggi, efektif, efisien, serta berorientasi pada pelayanan publik yang berkualitas," jelas Agus.

Sekretaris Daerah Kabupaten Badung, I Wayan Adi Arnawa yang turut hadir, menyampaikan apresiasi dan penghargaan atas kinerja dan dedikasi Kepala DPMPTSP Kabupaten Badung beserta seluruh jajaran yang telah bekerja keras. Sehingga berhasil merubah kualitas pelayanan dengan cepat serta meraih penghargaan bergengsi di level nasional. 

"Prestasi membanggakan yang diraih  DPMPTSP Kabupaten Badung sebagai satu satunya unit kerja perizinan di Provinsi Bali yang meraih penghargaan Zona Integritas, dan diharapkan menjadi role model serta motivasi bagi OPD lainnya di lingkungan Pemerintah Kabupaten Badung untuk mewujudkan Zona Integritas menuju WBK/WBBM," ujar Adi. ang/ari


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER