Jaga Kesehatan Warga Akibat Dampak Karhutla, BPBD Bangli Pastikan Droping Masker Hingga....

  • 22 Oktober 2019
  • 00:00 WITA
  • Bangli
  • Dibaca: 1714 Pengunjung
suaradewata

Bangli, suaradewata.com -Kian meluasnya kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di kawasan Kintamani, Bangli sejak beberapa hari terakhir telah membuat masyarakat kian resah. Pasalnya, dampak kebakaran tidak hanya menghanguskan berbagai jenis pohon hutan dan perkebunan warga. Tebalnya asap kebakaran yang telah berlangsung dari empat hari terakhir, juga dikhawatirkan akan berdampak pada kesehatan warga. Karena itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) mulai ancang-ancang membagikan masker hingga menurunkan tim kesehatan kesejumlah desa yang terdampak karhutla. 

Hal ini diakui Kepala Pelaksana BPBD Kab.Bangli, I Wayan Karmawan,S.Pd,M.Si saat dikonfirmasi, Selasa (22/10/2019). Disampaikan dibalik rentenan kejadian bencana diwilayah Kabupaten Bangli dalam beberapa hari ini,maka perlu diambil tindakan ataupun langkah-langkah  penyelamatan Kesehatan warga utamanya bagi daerah-daerah yang terpapar asap karhutla. Untuk besok, di Desa Batur Tengah dan Desa Batur Selatan kita akan droping masker  agar kerentanan warga akan dampak asap berkurang," tegasnya. 

Rencananya droping masker tersebut akan dilakukan sampai dikantor Desa dengan harapan pihak Desa bisa membagikan ke dusun  di wilayahnya yang terdampak paparan asap. "Ke depannya apabila pihak Desa sudah siap juga akan kita lakukan cek kesehatan gratis," jelasnya. 

Sementara untuk warga di Desa Sukawana (Dusun Kubusalya) pasca kebakaran kebun cengkeh yang asapnya sampai ke pemukiman warga, besok dengan mengajak pihak Dinkes dan Tim Kesehatan BPBD Prov akan dilaksankan cek dan pengobatan gratis sekitar pukul 10.00 wita dibale banjar setempat. "Selain itu, untuk warga Desa Kutuh

Pasca Kebakaran Hutan menyebabkan jaringan/pipa air pecah sehingga warga mengalami krisis air maka dengan mengajak BPBD Kab.Buleleng, mengingat secara kewilayahan Kutuh sangat mudah dijangkau dari Kab.Buleleng serta dengan bekerja sama dengan perusahan air kemasan diBangli, sekitar pukul 08.00 wita kita akan lakukan droping air bersih bagi warga masyarakat setempat," pungkasnya. ard/nop


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER