Putri Koster Dorong Perkuat Budaya Kerja dan Leadership PKK

  • 27 September 2019
  • 00:00 WITA
  • Nasional
  • Dibaca: 1832 Pengunjung
istimewa

Jakarta, suaradewata.com - Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi Bali, Putri Koster mendorong anggotanya menggenjot gerakan HATINYA (Halaman Asri, Teratur, Indah dan Nyaman). Gerakan ini ditujukan guna mendukung pemenuhan gizi keluarga hingga mendukung program kebersihan lingkungan.

Hal ini diungkapkan Putri Suastini Koster saat menghadiri Pagelaran Parade Nusantara serangkaian Jambore Nasional Kader PKK Tahun 2019 di halaman terbuka Hotel Mercure Ancol, Jakarta Utara, Kami (26/9).

Supaya program tersebut mencapai target maksimal, maka istri Gubernur Bali Wayan Koster ini meminta TP PKK kabupaten/kota memperkuat budaya kerja dengan disokong oleh leadership yang tangguh.

Tujuannya lanjut Putri Koster, guna membantu pemerintah dalam rangka menggerakan dan mengorganisir keluarga khususnya yang berada di wilayah pedesaan. Sehingga berbagai permasalahan yang terjadi di masyarakat mampu terselesaikan secara cepat. Salah satunya menuntaskan permasalah kasus stunting

Hal ini pula kata dia, selaras dengan tema Jambore Nasional Kader PKK Tahun 2019, yakni "Tingkatkan Kinerja Kader PKK Melalui Pengelolaan Administrasi PKK". Tema ini sengaja dipilih dengan salah satu alasannya agar PKK turut andil membantu pemerintah mengentaskan permasalahan stunting atau kurang gizi di tengah masyarakat. Khususnya yang berasal dari keluarga kurang mampu.



Selain itu program lainnya adalah membantu pemerintah memperluas sosialisasi menjaga kebersihan lingkungan, khususnya mengurangi hal-hal berbau plastik.

"Contoh kecilnya adalah mencoba mensosialisasikan pentingnya penyiapan tong sampah bagi setiap rumah tangga. Bahkan di lingkungan terbuka agar masyarakat yang sedang di seputaran jalan raya tidak membuang sampah sembarangan sekaligus mampu mengurangi hal-hal yang berbau plastik," ujarnya.

Dengan begitu, PKK turut serta mendukung program strategis nasional. Yakni menggerakkan kepedulian individu akan masalah sampah dalam rangka membangun Indonesia yang bersih dan sehat.

Sementara untuk kepentingan daerah, PKK Provinsi serta Kabupaten/Kota diharapkan mampu berkreasi dan mengembangkan potensi yang ada untuk semakin memajukan daerahnya yang nantinya berimbas pada kesejahteraan ekonomi keluarga.

Minimal setiap daerah memiliki tiga keunggulan dan identitas daerah yang bisa meningkatkan kualitas dan jumlah kunjungan wisatawan ke daerahnya. Yakni, pengembangan pariwisata, kuliner yang khas dan kerajinan daerah yang khas juga.

PKK diminta mampu menggerakkan daerahnya untuk memiliki tiga keunggulan atau identitas daerahnya sehingga secara sinergitas mampu bekerjasama dengan baik antar instansi terkait

Dengan adanya kelompok kerja yang membidangi pembinaan karakter keluarga, pendidikan dan peningkatan ekonomi keluarga, penguatan ketahanan keluarga dan kesehatan keluarga serta lingkungan maka PKK memiliki peran strategis dalam membangun keluarga yang sehat dan sejahtera.

Pada Jambore Nasional kali ini,  kader PKK asal Bali mapu meraih prestasi juara ketiga untuk kategori kekompakan regu, dan juara 2 untuk lomba buah berantai yang melibatkan masing-masing sepuluh anggota TP PKK.rls/nop


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER