Selenggarakan Lomba Cipta Menu B2SA, Kecamatan Pekutatan Raih Juara

  • 19 Agustus 2019
  • 00:00 WITA
  • Jembrana
  • Dibaca: 2353 Pengunjung
istimewa

Jembrana, suaradewata.com-Dalam rangkaian HUT Kota Negara ke 124 dan HUT RI ke 74, Pemkab Jembrana mengadakan acara Lomba Cipta Menu B2SA (Beragam Bergizi Seimbang dan Aman). Senin (19/8) Bupati Jembrana I Putu Artha dan Wabup Kembang Hartawan berkesempatan meninjau lomba yang  bertempat di Gedung Kesenian Dr. Ir. Soekarno. Pada lomba tersebut peserta diwajibkan mengolah bahan non beras dengan tiga menu untuk sarapan, makan siang dan makan malam. 

Lomba diikuti 5 kelompok wanita tani perwakilan kecamatan se Kabupaten Jembrana. Pada lomba tersebut, keluar sebagai juara pertama Kelompok Wanita Tani Abdi Pertiwi, Desa Pangyangan, Kecamatan Pekutatan. Juara 2 diraih oleh Kelompok Wanita Prima Sari, Desa Candikusuma, Kecamatan Melaya. Dan juara ke 3 diraih Kelompok Wanita Tani Merta Jaya, Desa Berangbang, Kecamatan Negara. Lomba dinilai I Gusti Ngurah Putu Ratna Prawati (guru tata boga SMKN 5 Negara), Ni Wayan Sudiasih (RSU Negara), Suarmi Putrayasa (Tim Penggerak PKK). 

Bupati Jembrana pada kesempatan tersebut memuji hasil olahan dalam lomba tersebut, menurutnya menu yang disajikan cukup enak. Namun Artha berharap, kedepan peserta lomba tidak hanya diikuti kecamatan saja, namun semua kelurahan dan desa harus dilibatkan. “Tentunya akan sangat seru jika pesertanya berjumlah banyak. Selain itu bahan dasar di tentukan dari awal, bahan dasarnya sama dan nantinya kemampuan mengolahnya di tonjolkan” ucap Artha. 

Sementara itu Wabup Kembang menyampaikan, hendaknya usai lomba para peserta di latih juga bidang kewirausahaan dalam memasarkan produknya. “Harus di arahkan untuk memulai jiwa kewirausahaan. Jangan sampai menu di ciptakan, produk sudah mendapat juara tetapi tidak menghasilkan kedepannya. Tentunya bisa mendapat penghasilan lebih untuk keluarga. Disanalah harus dilatih mentalnya untuk berwira usaha” ucap Kembang. 

Kepala Dinas Pertanian Dan Pangan, I Wayan Sutama, mengatakan lomba ini bertujuan untuk membangkitkan gairah masyarakat dalam mencintai produk local. Lomba ini berkonsep menu Beragam Bergizi Seimbang dan Aman, kemudian non beras dan non terigu. Menanggapi saran Bupati yang menambah jumlah peserta dan saran Wakil Bupati untuk belajar kewirausahaan, Sutama mengatakan akan menindak lanjutinya untuk penyelenggaraan kedepannya. Adv/nop


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER