Penjualan Sapi di Pasar Hewan Beringkit Mengalami Peningkatan

suaradewata.com

Badung, suaradewata.com - Sapi yang diperjual belikan di Pasar Beringkit alami peningkatan. Hal itu dilihat dari data tahun 2018 dari Bulan Januari hingga hari raya Idhul Adha. Bila dibandingkan dengan data tahun 2019 perkembangan sapi alami peningkatan di Pasar Hewan Beringkit. 

Kepala Pasar Hewan Beringkit dibawah Perumda Pasar Mangu Giri Sedana, Made Budayasa mengatakan untuk perkembangan sapi di Pasar beringkit pada tahun ini mengalami peningkatan bila dibandingkan tahun lalu. Dimana pada tahun lalu tahun 2018 perkembangan sapi dari awal Januari hingga hari Raya Idhul Adha sapi yang masuk ke Pasar Beringkit berjumlah 65.628 ekor sapi. Sedangkan jumlah sapi yang masuk pada tahun 2019 dari awal Januari hingga Hari Raya Idhul Adha mencapai jumlah 71.828 ekor sapi. 

"Yang jelas perkembangan sapi di pasar hewan Beringkit di tahun 2019 mengalami peningkatan dari pada tahun 2018, apalagi baru saja kita melewati Hari Raya Idhul Adha ini, sebenarnya momen Idhul Adha ini yang ditunggu tunggu oleh para petani peternak sapi yang ada di Pulau Bali ini," ucap Budayasa, Minggu, (18/07/2019).

Budayasa menerangkan bahwa peningkatan sapi pada tahun 2019 ini mencapai 6.200 ekor sapi. Peningkatan tersebut didasarkan dalam pengelolaan Pasar Hewan Beringkit pihaknya sudah mulai berbenah untuk memberikan pelayanan terbaik kepada peternak sapi. Salah satunya pelayanan yang diberikan adalah penggunaan 2 buah timbangan digital. 

"Dimana tahun lalu kita menggunakan timbangan manual, nah disanalah ada muncul kepuasan para peternak sapi yang ada di Bali dengan adanya timbangan digitalnya, otomatis pelayanan kita semakin baik," terangnya. 

Sapi yang masuk ke Pasar Hewan Beringkit sebagian besar berasal dari Bangli Kintamani. Dan saat momen hari raya Idhul Adha harga yang ditetapkan oleh pedagang/penjual sangat tinggi. Biasanya harga normal sapi mencapai Rp 39.000 hingga Rp 40.000 per kilo gram berat hidup dan pada hari raya Idhul Adha harga tertinggi bisa mencapai Rp 47.000 per kilo gram berat hidup.

"Rata - rata berat sapi diatas 300 Kg,kapasitas disini menampung 2000 ekor sapi, kita juga memberikan pelayanan kesehatan hewan secara gratis, dengan memberikan vitamin dan memberikan ejeksi apalagi sapi sapi yang diantar pulau kan itu harus diberikan pelayana kesehatan juga," pungkasnya. ang/ari


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER