Pemerintah Kabupaten Karangasem Gelar Upacara Sisya Upanayana

  • 16 Agustus 2019
  • 00:00 WITA
  • Karangasem
  • Dibaca: 1856 Pengunjung
suaradewata

Karangasem, suaradewata.com - Dalam rangka menguatkan Slogan Kabupaten Karangasem " Karangasem The Spirit Of Bali " dengan tujuan membersihkan, mempertajam pikiran, memperhalus budi pekerti siswa agar mampu lebih cepat menyerap ilmu pengetahuan dan kecerdasan spiritual, Kamis (15/8/2019) bertempat di depan Pura Padmasana Kantor Bupati Karangasem, Pemerintah Kabupaten Karangasem mengadakan Upacara Sisya  Upanayana / mewinten masal yang di ikuti siswa siswi SMP dan SMA/SMK se- Kabupaten Karangasem.

Acara Sisya Upanayana yang disinkrunkan dengan Upacara Piodalan di Pura Padmasana Kantor Bupati Karangasem itu di hadiri  Bupati Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumatri, Prof Dr Ida Bagus Yuda Triguna selaku pemberi Darmawacana terkait Upacara Sisya Upanayana dan Para Kepala OPD beserta staf dipuput oleh 5 sulinggih diantaranya Ida Pedanda Gede Jelantik, Ida Pedanda Gede Putra, Ida Pedanda Gde Meranggi Dwi Putra Keniken, Pedanda Gde Darma Putra Manuabe dan Ida Pedanda Gde Kertha Yoga.

Kadisdikpora I Gusti Ngurah Kartika mengatakan bahwa tujuan dari upacara sisya upanayana adalah untuk menjalankan visi dan misi Bupati Karangasem untuk menjadikan Karangasem menjadi cerdas, bersih dan bermartabat berdasarkan Tri Hita Karana selain itu juga untuk memohon kepada Sang Hyang Widhi Wasa supaya para siswa diberikan jalan yang lancar dalam proses menerima pembelajaran. “Peserta dalam upacara sisya upanayana berjumlah 1000 orang dari jenjang SMP, SMA/SMK," ucap Gusti Ngurah Kartika.

Bupati Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumatri dalam sambramawacananya menyatakan apresiasi dan terimakasinya kepada Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga dan instansi yang lainnya yang sudah berkontribusi dalam acara ini. Upacara Sisya Upanayana yang dilaksanakan sekarang mempunyai tujuan yang sangat utama dikarenakan kegiatan ini akan menjadi dasar untuk para siswa dalam mengikuti  proses belajar di sekolah.

"Selain itu upacara ini juga bertujuan untuk memohon kepada Ida Sang hyang Widhi Wasa agar diberikan kekuatan lahir dan batin untuk menjalankan proses belajar sebagai murid," imbuhnya.

Ms Sumatri juga mengatakan, kegiatan upacara ini diharapkan agar siswa bisa bakti kepada guru serta bisa mengikuti semua aturan yang sudah ada di sekolah dan juga selalu mengikuti nasehat nasehat yang diberikan oleh para guru. "Tujuan lain dari upacara ini adalah untuk membersihkan pikiran, dimana pikiran bersih akan memudahkan kita dalam mencapai kemakmuran dan juga untuk menumbuhkan budi pekerti  yang baik, berbahasa yang sopan dan mempunyai prilaku yang seauai dengan Tri Kaya Parisuda,” tandasnya. nov/rls/sar


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER