Meriahkan HUT RI ke-74, Camat Karangasem Gelar Lomba Mebat

  • 13 Agustus 2019
  • 00:00 WITA
  • Karangasem
  • Dibaca: 1865 Pengunjung
istimewa

Karangasem, suaradewata.com - Memperingati dan memeriahkan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia yang ke - 74, Pemerintah Kabupaten Karangasem melalui instansi Kantor Camat Karangasem mengadakan lomba mebat (mengolah) masakan khas Bali yang sering disebut dengan Gibungan, Selasa (13/8/2019) di Kantor Camat Karangasem. 

Kegiatan seperti ini telah dilaksanakan 2 kali, yaitu saat perayaan HUT Kemerdekaan tahun lalu dan kegiatan lomba HUT RI ke- 74 tahun 2019 yang di ikuti oleh 13 regu dari semua instansi mulai dari kelurahan, desa, organisasi Bumdes dan organisasi-organisasi lainnya yang berada di Kabupaten Karangasem. 

Kegiatan mengolah makanan Bali (gibungan) ini dinilai oleh 3 orang juri ahli yang diambil dari organisasi ICA (Indonesian Chef Association) Kabupaten Karangasem diantaranya Gusti Lanang Kastawa, Made Suarka dan Nyoman Ardika. 

"Kategori poin penilaian yang digunakan dalam lomba mengolah makanan Bali atau gibungan ini, dari segi penampilan, rasa, Kebersihan, kekompakan tim dan inovasi," ucap salah seorang juri Made Suarka. 

Camat Karangasem, Cok Korde Alit Surya Prabawa mengatakan, kegiatan mengolah makanan Bali (membuat gibungan)  akan dijadikan kegiatan lomba yang akan rutin dilaksanakan setiap tahunnya yaitu untuk memperingati dan memeriahkan hari HUT Kemerdekaan Republik Indonesia. 

Cokorde Alit Surya Prabawa juga menyebutkan, kegiatan lomba hari ini adalah penyelenggaraan hasil dari evaluasi kegiatan lomba tahun lalu. Tujuan penyelenggaraan lomba membuat gibungan ini selain untuk memperingati HUT RI , juga mempunyai tujuan ingin melestarikan Budaya Bali yang dalam hal ini membudayakan pengolahan makanan Bali berupa olahan gibungan. "Kegiatan ini juga ingin memupuk kebersamaan dari semua stakeholder di Kecamatan Karangasem khususnya," sebutnya. 

Sekcam Karangasem, Ida Bagus Eka Ananta Wijaya menambahkam, lomba pengolahan makanan Bali ini juga untuk mendorong Karakteristik kekhasan pengolahan makanan di masing- masing wilayah di Kecamatan Karangasem. “Misalnya, pengolahan lawar dengan menggunakan bahan daun jepun (kamboja,red) yang dimiliki oleh kelurahan Karangasem. Lawar kecai dari kelurahan Padangkerta dan pengolahan bahan lawar dari buah naga yang berasal dari desa Bugbug serta banyak lagi olahan lainnya dari Desa atau daerah yang berbeda," ucapnya. 

SekCam menyampaikan, bahwa kegiatan pengolahan makan Bali yang diselenggarakan tahun lalu, untuk juara pertama di raih oleh Desa Bugbug, Juara ke- 2 diraih oleh Kelurahan Karangasem dan Juara ke- 3 diraih oleh Desa Tegallinggah. "Untuk tahun ini kegiatan ini dilaksanakan selama 1 hari mulai dari jam 08.00 sampai jam 12.00 siang dan akan diakhiri dengan acara makan bersama oleh semuanya," ujarnya.nov/rls/nop


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER