Bupati Mas Sumatri Buka Roadshow Bus KPK 2019 Jelajah Negeri Bangun Antikorupsi

  • 30 Juli 2019
  • 00:00 WITA
  • Karangasem
  • Dibaca: 1812 Pengunjung
istimewa

Karangasem, suaradewata.com - Bupati Karangasem, I Gusti Ayu Mas Sumatri didampingi Wakil Bupati Karangasem, I Wayan Artha Dipa, Ketua DPRD Kabupaten Karangasem Nengah Sumardi,Kepala Korwil Bali, NTB dan Jawa Timur,Asep Rachmat Suwanda, Sekda Adnya Mulyadi dan dihadiri jajaran Forkopimda, dengan resmi membuka Roadshow Bus KPK 2019 “Jelajah Negeri Bangun Antikorupsi” bertempat di Lapangan Tanah Aron, Selasa (30/7/2019).

 Dalam rombongan yang dipimpin Direktur Direktorat Pendidikan dan Pelayanan Masyarakat KPK RI, Giri Suprapdiono tersebut juga menghadirkan puluhan anak–anak PAUD yang ada di Kabupaten Karangasem yang turut memeriahkan jalannya acara. Selain itu diikuti pula oleh guru, mahasiswa,  ASN,  anggota DPRD terpilih, perbekel, bendesa adat se Kabupaten Karangasem dan masyarakat umum.

 Ketua Panitia kegiatan, yang juga Asisten I Setdakab Karangasem, I Wayan Purna menyebutkan, Roadshow ini di juga menghadirkan pameran pelayanan publik yang diikuti beberapa jenis pelayanan seperti, pembuatan KTP dan KK dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Karangasem, Samsat Keliling, Perpustakaan Keliling, Pengaduan Sengketa lingkungan, Layanan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Karangasem, BPJS dan pelayanan goes to banjar lainnya.

 Wayan Purna menambahkan, pelaksanaan kegiatan berlangsung selama dua hari, dari Selasa 30 Juli 2019 sampai dengan Rabu 31 Juli 2019. Tempat pelaksanaan, untuk area Bus KPK berlokasi di Lapangan Tanah Aron. Selain itu juga memanfaatkan wantilan kantor Bupati Karangasem Aula Dinas Kominfo, ruang sidanf DPRD Karangasem dan Aula Kampus STKIP Amlapura.

 Bupati Mas Sumatri menyampaikan apresiasi dan ucapan terimakasih atas terselenggaranya kegiatan KPK di Kabupaten Karangasem. Road Show Bus KPK dianggap sebagai strategi yang akan memberikan edukasi kepada pemerintah Kabupaten, masyarakat dan generasi penerus untuk pencegahan dan pemberantasan korupsi. “Ini kehormatan bagi Kabupaten Karangasem,ujung timurnya pulau Bali karena Tim Riad Show Bus KPK berkenan menggelar acaranya di sini,” ucapnya.

 Mas Sumatri mengatakan, sejalan dengan misi KPK dalam mencegah dan membrantas Korupsi, juga sesuai dengan Visi Misi Pemkab Karangasem yakni "Mewujudkan Karangasem Cerdas, Bersih dan Bermartabat Berlandaskan Tri Hita Karana”. Pemerintah Kabupaten Karangasem telah melakukan berbagai upaya untuk pencegahan korupsi, diantaranya, melakukan kegiatan Koordinasi Supervisi Pencegahan Korupsi (Korsupgah) dengan KPK, khususnya dalam pengelolaan APBD, pengadaan barang dan jasa pelayanan terpadu satu pintu, kapatibilitas APIP dan optimalisasi pendapatan daerah.

 

Selain itu, Pemerintah Kabupaten Karangasem juga telah meraih Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) selama empat kali berturut-turut yaitu pada LKPD tahun 2015, 2016, 2017 dan 2018. Karangasem juga berhasil memenuhi Evaluasi SAKIP dengan nilai 67,38 atau berstatus 8. Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) level 3 serta peningkatan kinerja Kapabilits APIP level 2 plus. "Semua itu kami lakukan untuk mewujudkan pemerintah daerah yang bersih dan akuntabel," imbuhnya.

 Untuk mempertahankan dan meningkatkan apa yang telah diraih tersebut, Bupati Mas Sumatri meminta seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN), pelajar dan tokoh masyarakat Karangasem untuk dapat mengikuti dengan seksama program pencegahan dari KPK. Karena dengan adanya kegiatan ini akan meningkatkan pengertian atau pemahaman ASN  serta masyarakat tentang pencegahan dan pembrantasan korupsi, dari sebelumnya tidak tahu menjadi tahu, yang abu-abu menjadi jelas.

 Kedepannya, pasca mendapat arahan dari Tim KPK, para peserta sosialisasi dapat menerapkan apa yang telah didagatkan dan membumikan, serta yang lebih utama berhati-hati dan juiur dalam melakukan tugas dan kewajibannnya. "Dengan demikian, maka semangat untuk bersama-sama mencegah dan membrantas korupsi akan tumbuh dalam diri seluruh lapisan masyarakat,” pungkasnya.nov/rls/nop


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER