Bupati Mas Sumatri Salurkan Alsintan Kepada 17 Subak di Karangasem

  • 14 Juli 2019
  • 00:00 WITA
  • Karangasem
  • Dibaca: 1742 Pengunjung
istimewa

 Karangasem, suaradewata.com - Sejumlah perwakilan petani dari 17 Subak menerima bantuan Alat Mesin Pertanian (Alsintan) dari Pemerintah Kabupaten  Karangasem melalui Dinas Pertanian Karangasem. Penyerahan bantuan alat mesin pertanian (Alsintan)  secara langsung dilakukan oleh Bupati Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumatri di Kantor UPTD BPP Pertanian Jasri, Sabtu (13/7).

 Kepala Dinas Pertanian I Wayan Supandi, dalam kesempatan itu menyampaikan, ada sebanyak 17 Subak di Kabupaten Karangasem yang menerima penyediaan Alsintan diantaranya, traktor 6 unit, cultivator 3 unit dan power threser 8 unit. Alain tersebut diatas akan diserahkan kepada Subak dan Kelompok Tani yang sudah masuk dalam Proposal Tahun 2018. Bantuan ini dengan sumber dana APBN Tahun 2019 yang pengadaannya dilaksanakan oleh Kementerian Pertanian Pusat.

“Satu hal yang patut kita banggakan adalah berhasilnya salah seorang petani muda binaan Dinas Pertanian atas nama I Gede Arta asal Desa Pidpid menjadi juara petani muda tingkat Nasional,” sebut Supandi. Sebelumya Gede Arta juga keluar sebagai pertama dalam lomba penyuluhan Peda KTNA tingkat Provinsi Bali tahun 2018, sedangkan Gede Arta sendiri bergerak di bidang usaha agribisnis jamur tiram.

 Akibat dari sulitnya mencari tenaga kerja yang bcrgerak di sektor penanian, pemerintah meluncurkan program penyediaan dan pengembangan sarana prasarana pertanian, yang salah satunya berupa pemberian bantuan alat mesin pertanian. Sebelumnya, banyak Alsintan yang sudah diberikan kepada kelompok tani atau subak diantaranya, traktor, combine harvester, transplamer, power threser, handsprayer, corn seller dan cultivator.

 Sementara itu, Bupati Mas Sumatri mengatakan, pengadaan alat dan mesin pertanian ini dilakukan oleh Kementerian Pertanian. Sementara pihak kabupaten sendiri mempersiapkan kelompok, mendistribusikan dan selanjutnya melaksanaan pemantauan dan pembinaan. Penyerahan Alsistan ini kata Mas Sumatri, merupakan bagian dari program swasembada pangan, dimana  saat ini sektor pertanian menjadi salah satu sektor yang mempengaruhi pembangunan nasional.

 “Pembangunan sektor pertanian menjadi sesuatu yang penting dan strategis.  Pembangunan pertanian telah memberikan sumbangan besar dalam pembangunan nasional,” tandasnya. Belajar dari pengalaman masa lalu dan kondisi yang dihadapi saat ini, sudah selayaknya sektor pertanian menjadi sektor unggulan dalam menyusun strategi pembangunan nasional. Diharapkan juga dengan diberikan  traktor roda dua ini bisa memperbaiki dan memberikan pembenahan insfratruktur pertanian guna meningkatkan hasil pertanian di Kabupaten Karangasem. 

Penyerahan hantuan ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan petani dalam meningkatkan produksi dalam kuantitas maupun kwalitas secara lebih efektif dan efesien .juga mempercepat pengolahan tanah, bisa tanam serempak, pengolahan tanah menjadi lebih baik  sempurna, serta meningkatkan hasil pertanian  dan swasembada pangan.nov/rls/nop


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER