Diduga Akibat Api Dupa, Pohon Beringin Pura Griya Sunia Taman Sari Terbakar

  • 02 Juni 2019
  • 00:00 WITA
  • Denpasar
  • Dibaca: 2217 Pengunjung
istimewa

Badung, susradewata.com -Pohon Beringin yang berusia ratusan tahun di areal Pura Griya Sunia Taman Sari, Banjar Abianbase, Kecamatan Kuta mengepulkan asap tebal, Minggu (2/6).

Api yang keluar dari sebuah pelinggih pada pohon beringin yang dikeramatkan ini sontak membuat warga sekitar berdatangan berusaha memadamkan api.

Kuat dugaan peristiwa yang terjadi sekitar pukul 11.00 Wita itu akibat nyala dupa dari persembahyangan. Besarnya kobaran api memaksa untuk mengerahkan dua unit armada Damkar Badung.

Terbakarnya pohon beringin berdiameter sekitar 90 cm dan tinggi 15 meter tersebut baru bisa dipadamkan sekitar 15 menit kemudian.

I Wayan Wirya selaku Kepala Dinas Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Badung menyebutkan bahwa pada hari ini diwilayah Badung terjadi dua peristiwa kebakaran.

“Ada dua kebakaran. Satu di Angantaka rumah warga dan satu lagi di kawasan Kuta sebuah pohon beringin di areal Pura,” Paparnya.

Dalam dua peristiwa tersebut, kata dia tidak ada korban jiwa. Namun, jebakaran di Angantaka sebuah bangunan milik warga diperkirakan mengalami kerugian mencapai ratusan juta rupiah.

Untuk di Angantaka, dugaan sementara kebakaran dipicu oleh api obat nyamuk bakar. Sedangkan di Kuta sumber api diduga berasal dari api dupa sisa persembahyangan. “Semua kejadia kabakaran hari ini (Minggu, 2/6) sudah berhasil ditangani,” tegasnya.mot/nop


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER