Bupati Mas Sumatri Menari Rejang Renteng Saat Piodalan Pura Padmasana Kantor Bupati

  • 29 Juli 2018
  • 00:00 WITA
  • Karangasem
  • Dibaca: 2409 Pengunjung
suaradewata.com

Karangasem, suaradewata.com - Serangkaian upacara atau piodalan di Pura Padmasana Kantor Bupati, Karangasem pada Jumat (27/7) bertepatan dengan Purnama Sasih Karo, berlangsung dengan khidmat. Bahkan Bupati Karangasem, IGA Mas Sumatri membaur bersama para staff dan pegawai dilingkungan Pemkab Karangasem untuk bersamasama menarikan Rejang Renteng yang meruoakan tarian sakral yang hanya dtarikan pada saat upacara tertentu. 

Piodalan di Pura Padmasana ini sendiri dipuput oleh Ida Pedanda Gede Oka Kemenuh dari Gria Sudikaton Kemenuh Karangasem dan Ida Pedanda istri Anom Bawana dari Geria Jelantik Budakeling. Dalam upacara yang berlangsung khddmat tersebut juga ditarikan tarian Rejang Dewa dan Tari Topeng Sidakarya. Dan sebelum prosesi persembahyangan dilaksanakan pihak panitia juga menggelar Dharma Wacana oleh Ida Pandita Mpu Acarya Nanda. 

Dalam dharma wacananya, Mpu Acarya Nanda mengupas hakekat pelaksanaan yadnya dan persembahyangan. Bahwa yadnya yang utama bukan banten yang besar tapi seberapa jauh umat dalam memaknai yadnya tersebut. “Dalam mantra subacita disebutkan, sembahyang adalah benar-benar menyerahkan diri kepada tuhan. Ketika tubuhmu kau jadikan yadnya saat itu atmanmu tersucikan,’’ ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Mpu Acarya Nanda juga mengajak jajaran pegawai di lingkungan Pemkab Karangasem mensyukuri apapun yang telah diperoleh. Yang utama adalah bagaimana menghindarkan diri dari keinginan berlebih. Karena menurutnya itu justru akan menyengsarakan dan mengganggu kinerja sebagai aparatur pemerintahan. “Pengetahuan spiritual mesti diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari,” tandasnya. 

Sementara itu penari rejang renteng merupakan utusan dari masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Karangasem. Rejang renteng menjadi tari wali penutup sebelum persembahyangan bersama. Usai rangkaian Piodalan di Pura Padmasana Kantor Bupati Karangasem, Bupati Mas Sumatri lanjut menuju ke Pura Nangka, Desa Buana Giri, Kecamatan Bebandem bersama sejumlah pejabat dilingkungan Pemkab Karangasem guna mengikuti upacara mejaya-jaya di Pura Penataran Nangka Linggih Ida Batara Gunung Agung di Banjar Nangka, Desa Buanagiri, Kecamatan Bebandem. Ritual mejaya-jaya ini sendiri sebagai rangkaian awal dari karya agung yang akan dilaksanakan September mendatang. nov/rls/gus


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER