Sepasang Pratima Pura Luhur Dalem Desa Pakraman Penebel Kelod Digondol Maling

  • 29 April 2018
  • 00:00 WITA
  • Tabanan
  • Dibaca: 3294 Pengunjung
suaradewata

Tabanan, suaradewata.com– Pura Luhur Dalem Desa Pakraman Penebel Kelod, Desa Penebel, Kecamatan Penebel, Tabanan menjadi sasaran pencurian yang diketahui Minggu (29/4/2018). Pencuri pun berhasil membawa kabur sepasang Pratima dan benda suci lainnya.

Informasi di lapangan menyebutkan peristiwa itu pertama kali diketahui oleh saksi I Gusti Ketut Suarjana, 65,  saat hendak pergi ke sawah dengan berjalan kaki di jalan sebelah timur Pura Luhur Dalem Adat Penebel Kelod sekitar pukul 06.30 wita. Saat lewat saksi melihat pintu besi halaman belakang Pura Dalem terbuka, karena merasa curiga kemudian saksi melihat lebih dekat ternyata pintu Bale Gedong sudah dalam keadaan terbuka dan berantakan. “Awalnya saya lihat Bale Piasan yang berantakan dan setelah saya lihat dari utara, ternyata pintu Gedong sudah terbuka,” ujarnya.

Hal tersebut selanjutnya disampaikan kepada Jero Mangku Pura Dalem dan diteruskan kepada Kelian Adat Penebel Kelod selanjutnya dilaporkan ke Polsek Penebel. Kemudian Jero Mangku bersama Kelian Adat pun melakukan pengecekan dan ternyata sejumlah benda-benda suci hilang, yakni sepasang Pratima atau Arca (Lanang-Istri), satu buah keris luk 7, 9 buah Pengawin, satu buah cincin emas dan satu buah cucuk emas. “Dan selanjutnya kami akan melakukan upacara pecaruan untuk membersihkan areal pura yang kotor karena sudah dimasuki oleh orang tidak dikenal,” imbuh Kelian Adat Penebel Kelod I Gusti Wayan Budiasa, 66.

Dikonfirmasi terpisah, Kapolsek Penebel AKP I Ketut Mastra Budaya membenarkan perihal peristiwa tersebut. Dirinya mengatakan setelah melakukan olah TKP dan meminta keterangan dari saksi pihaknya saat ini tengah melakukan penyelidikan. “Dugaan sementara pelaku diperkirakan masuk melalui halaman belakang pura kemudian mengambil barang barang dalam Bale Gedong dengan merusak engsel pintu,” tegasnya. ayu/rat

 

 


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER