Wabub Ingatkan Rekanan Mesti Tertib Administrasi

  • 11 Desember 2017
  • 00:00 WITA
  • Bangli
  • Dibaca: 3123 Pengunjung
suaradewata

Bangli, suaradewata.com- Selain kualitas yang baik dan ketepatan waktu pengerjaan, Wakil Bupati (Wabup) Bangli Sang Nyoman Sedana Arta mengingatkan kontraktor (rekanan) proyek pembangunan di Kabupaten Bangli tertib administrasi. Hal ini sangat penting mengingat administrasi ini sangat mempengaruhi serapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Bangli. Ini disampaikan Wabup Sedana Arta saat melakukan inspeksi terhadap proyek pembangunan yang masih dalam pengerjaan di sejumlah wilayah di Kecamatan Tembuku, Bangli bersama Tim Pembangunan Kabupaten Bangli, Senin (11/12/2017).

Inspeksi ini juga dihadiri oleh Kepala Inspektorat Bangli Drs. Ketut Riang, Kepala Badan Keuangan, Pendapatan dan Aset Daerah (BKPAD) Bangli Drs. Gede Suryawan, Kadisdikpora Bangli I Nyoman Suteja, Kadis Pekerjaan Umum Bangli Drs. I Wayan Lawe, Kabag Pembangunan Bangli I Wayan Sugiarta, Kabag Pengadaan Bangli Made Ari Pulasari, Camat Tembuku Dewa Agung Purnama dan sejumlah pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait dilingkungan Pemkab Bangli.

Lebih lanjut Wabup Sedana Arta menekankan, secara umum dalam inspeksi ini tidak ada permasalahan prinsip yang ditemukan. Namun Wabup Sedana Arta memberi catatan kepada semua rekanan agar lebih tertib administrasi. Kalau pengamprahan (termin) dalam kontrak tiga kali yang harus diaprah tiga kali. Namun faktanya, banyak rekanan yang tidak melakukan amprah sesuai dengan kontrak. Kebanyakan hanya melakukan amprah dimuka dan diakhir. Kalau seperti ini tentu akan berpengaruh terhadap serapan anggaran Kabupaten Bangli dan akan menjadi catatan oleh pusat yang menganggap anggaran tidak terserap secara maksimal dan pembangunan tidak berjalan dengan baik. Padahal faktanya, pembangunan sudah berjalan hanya permasalahannya rekanan belum melakukan amprah. “Kedepan kita sudah minta rekanan agar bisa tertib administrasi dan membuat amprah sesui dengan kontrak”terangnya.

Ditambahkan,  tujuan dari inspeksi pembangunan ini adalah untuk memastikan proyek-proyek yang saat ini masih dalam pengerjaan kualitasnya terjamin dan selesai tepat waktu sesuai dengan kontrak. Dalam kunjungan ini, Wabup Sedana Arta dan tim secara rinci menanyakan satu persatu baik kepada konsultan maupun pengawas, Pejabat Pembuat Komitmen (PKK) dan rekanan terkait dengan permasalahan maupun hambatan dalam pelaksanaan kegiatan. Wabup Sedana Arta secara tegas juga meminta pengawas dan PPK jujur menyampaikan kondisi dan kualitas proyek yang dikerjakan rekanan. “Kalau baik sampaikan baik, kalau buruk sampaikan buruk. Jangan saat inspeksi seperti sekarang laporannya baik, tetapi saat ada tim lain turun baik inspektorat maupun Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) menemukan banyak masalah.”pintanya.

Pada kesempatan itu Wabup Sedana Arta juga menyampaikan apresiasi kepada PT. Kresna Putra Karya yang bisa menyelesaikan proyek hotmix jalan Bukti menuju Tinggas di Desa Yangapi, Tembuku dengan kualitas yang baik bahkan penyelesaiannya lebih cepat tiga minggu dari jatuh tempo ditengah bencana erupsi Gunung Agung yang masih terjadi. Menurut Wabup Sedana Arta, profesional PT. Kresna Putra Karya harus menjadi contoh bagi rekanan yang lain, bahwa kalau sudah menyepakati kontrak, rekanan harus bertanggung jawab akan kualitas maupun ketepanan waktu pengerjaan. “Jadi tidak boleh ada alasan molor karena ini atau itu. Kalau sudah ambil kontrak ya wajib dikerjakan dengan kualitas baik dan diselesaikan tepat waktu”pintanya lagi. Selain itu, Wabup Sedana Arta juga menitip agar rekanan bisa melibatkan masyarakat lokal dalam pengerjaan proyek di Bangli. “Kita minta rekanan bisa memanfaatkan tenaga lokal dalam pengerjaan proyek. Sehingga masyarakat bisa menikmati multiplayer efek dari pembangunan ini”tutupnya.

Dalam inspeksi ini Wabup Sedana Arta dan tim meninjau pembangunan RKB SMPN 1 Tembuku, dilanjutkan dengan meninjau peningkatan jalan Bukti menuju Tinggas, jalan Mapagan menuju Umapadi di Desa Yangapi, jalan Pulasari menuju Dadem, jalan Karangsuwung Kaja menuju Karang Suwung Kelod, jalan Peninjauan menuju Tampuagan, jalan Kalanganyar menuju Puraja dan rehabilitasi jaringan irigasi di Tampuagan Kecamatan Tembuku.ard/aga


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER