Operasi Zebra Agung 2017, Terjunkan Personil Gabungan

  • 08 November 2017
  • 00:00 WITA
  • Gianyar
  • Dibaca: 2913 Pengunjung
ist

Gianyar, suaradewata.com - Operasi Zebra Agung 2017 Polres Gianyar, menerjunkan personil gabungan dari TNI/Polri, Dinas Perhubungan, Satpol PP dan BNNK Gianyar, digelar di Terminal Batubulan Kecamatan Sukawati, Rabu (8/11).

Dari ratusan kendaraan baik roda dua maupun roda 4 yang diperiksa, terjaring 170 pelanggaran. Pelanggaran didominasi oleh pengendara yang tidak memiliki SIM sebanyak 77 orang. Selain itu, ada 19 kendaraan yang tak dilengkapi STNK, lima diantaranya diangkut ke Mapolres Gianyar lantaran pemilik kendaraan tidak mampu menunjukkan dokumen atau surat-surat motornya.

KBO Lantas Polres Gianyar Ipda I Wayan Sugianta didampingi Kanit Regident Satlantas Polres Gianyar Ipda Untung Laksono menjelaskan, lima sepeda motor yang diamankan terindikasi sebagai motor curian. “Lima motor ini tidak dilengkapi surat-surat. Tidak ada STNK maupun BPKB nya. Maka itu, kami amankan dulu, sembari menunggu yang punya bisa menunjukkan surat-surat motornya. Jika tidak ada surat-surat, ya ini ada indikasi motor curian,” jelasnya disela-sela operasi kemarin.

Operasi Zebra ini juga menjaring sejumlah kendaraan yang belum membayar pajak kendaraan. “Ada beberapa yang terjaring, kami sarankan mumpung ada pemutihan pajak kendaraan manfaatkan. Karena berlakunya hanya sampai 19 Desember ini. Segera bayar, gak kena denda,” sarannya.

Selain pelanggaran SIM dan STNK, operasi zebra ini juga menjaring 5 pengendara sepeda motor yang tak pakai helm, 2 kendaraan yang komponennya tidak lengkap, serta 4 pengemudi mobil yang tidak mengenakan sabuk pengaman.

Dijelaskan Ipda Untung, tujuan operasi zebra ini tiada lain untuk terciptanya tertib lalu lintas. “Keselamatan sebagai tujuan utama,” ujarnya. Dibeberkan, tahun 2017 ini hingga November ini sudah terjadi 254 kejadian lakalantas di wilkum Polres Gianyar. Dari jumlah tersebut, 54 orang diantaranya meregang nyawa alias meninggal dunia. “54 nyawa melayang sia-sia di jalan. Ini menunjukkan warga belum tertib lalu lintas,” terangnya.

Di sisi lain, BNNK Gianyar juga turut ambil peran. Terutama untuk melakukan tes urine pada pengendara yang terlihat uring-uringan, mabuk atau emosional. Salah satunya yang dites, remaja I Wayan Pande Sutra asal Nusa Penida. Beruntung, hasil tes urine nya negatif atau nihil penggunaan narkoba. gus/ari


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER