Amankan Acara Tek Tekan, Kapolsek Turun Tangan

  • 18 Maret 2017
  • 00:00 WITA
  • Tabanan
  • Dibaca: 3347 Pengunjung
suaradewata

Tabanansuaradewata.com - Demi kelancaran acara tek-tekan yang diselenggarakan oleh masyarakat Desa Kediri, Kecamatan Kediri, Jumat, (17/03/2017). Jajaran kepolisian bersama Kapolsek Kediri turun ke masyarakat untuk mengamankan dan kelancaran dari acara tesebut.

Kapolsek Kediri Kompol I Nyoman Sumarajaya mengatakan pengamanan tersebut untuk membantu kegiatan masyarakat Desa Kediri demi kelancaran kegiatan tek-tekan tersebut. Kata Dia menurut masyarakat di Desa Kediri terkait penyelenggaraan tek-tekan tersebut. Terdahulu Desa Kediri mengalami wabah penyakit, grubug, banyak orang sakit dan meninggal dunia, dengan berbagai cara sudah dilakukan oleh masyarakat Desa Kediri namun tidak berhasil. Kemudian tokoh masyarakat/pemangku melakukan pemujaan/persembahyangan di Pura Desa. Untuk memohon petunjuk kepada Ida Sanghyang Widi Wasa untuk menghilangkan grubug di desa kediri. 

"Setelah para tokoh masyarakat dengan tokoh agama melakukan persembahyangan, diperoleh petunjuk bahwa kondisi grubug di Desa Kediri hanya bisa dihilangkan dengan suara bunyi bunyian," ucap Kompol Sumarajaya. 

Mulai saat itulah masyarakat Desa kediri turun ke jalan dengan membawa alat seadanya seperti kulkul, tempeh , kaleng untuk dipukul-pukul supaya mengeluarkan bunyi-bunyian dengan keliling Desa. Setelah itu keajaiban terjadi, kondisi Desa kediri yang grubug menjadi membaik masyarakat merasa aman dan damai. Dan mulai saat itulah tektekan di Desa Kediri diwarisi secara turun temurun. Sebagai ciri tektekan muncul maka dilakukanlah di Desa Kediri apabila Desa Kediri mengalami grubug terkena wabah penyakit. Sehingga periode waktu munculnya tektekan tidak bisa di prediksi / kondisikan kemunculannya. 

"Pada tahun 2014 ada kesepakatan di Desa Kediri, bahwa pada saat menyambut hari raya Nyepi masyarakat Desa Kediri tidak membuat ogoh ogoh, dan tektekan inilah yang dilaksanakan sebagai event tahunan, serta demi terwujudnya keamanan dan kenyamanan pelaksanakan tektekan atau okokan, Kapolsek Kediri bersinergi dengan Bendesa Adat Kediri bersama 20 anggota Polri untuk melakukan pengamanan," ucapnya.ang/aga


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER