Bupati Pantau Program Bakti Sosial di Batu Madeg

  • 07 Oktober 2016
  • 00:00 WITA
  • Klungkung
  • Dibaca: 3454 Pengunjung
suaradewata

Klungkung, suaradewata.com – Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta memantau program Bakti Sosial (Baksos) Kesehatan di Desa Batu Madeg, Kecamatan Nusa Penida, Jumat (7/10). Program tahunan yang digagas pemprov Bali ini digelar selama dua hari (6 & 7 Oktober) guna memperingati hari Kesehatan Jiwa sedunia yang jatuh setiap tanggal 10 Oktober.

Digelar dikantor perbekel Batu Madeg, baksos Kesehatan di desa ini merupakan Baksos kedua yang telah dilaksanakan di Nusa Penida. Baksos pertama tahun 2008 juga dilaksanakan di Nusa Penida tepatnya di Br. Nyuh. Selama 2 hari di Nusa Penida. Tim kesehatan  yang berjumlah 50 orang, terdiri dari tenaga medis, paramedis serta para dokter umum dan spesialis Rumah Sakit Jiwa Provinsi Bali serta Bagian Psikiatri UNUD telah melakukan berbagai kegiatan. Diantaranya penyuluhan kesehatan jiwa kepada kader-kader puskesmas, SD, SMP & SMK. Kunjungan langsung kerumah-rumah penderita gangguan jiwa yang dipasung.

Wakil direktur Bidang Admin Maris Sihombing mengatakan, dipilihnya Nusa Penida karena akses kesehatan di kecamatan ini tergolong masih sulit. Hal ini dikarenakan banyak warga tinggal jauh dipedalaman yang mengakibatkan akses kesehatan menjadi hal mahal, apalagi sebagian besar warga adalah warga kurang mampu. Hal inilah yang menjadikan Kecamatan Nusa Penida sebagai salah satu kecamatan yang mendapatkan prioritas dalam menerima bantuan kesehatan dari Pemprov Bali. "Kehadiran warga untuk memanfaatkan program ini cukup antusias, dimulai pukul 08.00 wita, pada pukul 10.00 wita sudah tercatat 31 pasien datang berobat," ujar Maris Sihombing.

Dalam kehadirannya, Bupati Suwirta yang didampingi Ny. Ayu Suwirta menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih atas dipilihnya Desa Batu Madeg, Nusa Penida sebagai tempat penyelenggaraan program kesehatan gratis ini. "Letak Desa Batu Madeg yang sangat jauh dari perkotaan tentunya akan sangat diuntungkan oleh kehadiran para tim kesehatan ini, dengan sistem jemput bola ini semoga semua warga desa Batu Madeg dan sekitarnya bisa memanfaatkan kesempatan ini sebaik baiknya." ujar Bupati asal pulau Ceningan ini. jul/ari


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER