Tabanan Pertahankan Opini WTP

  • 03 Juni 2016
  • 00:00 WITA
  • Tabanan
  • Dibaca: 3448 Pengunjung
suaradewata

Tabanan, suaradewata.com – Upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tabanan untuk mewujudkan tata keuangan yang baik terus dilakukan dengan berbagai cara. Dan, upaya ini rupanya tidak sia-sia karena untuk kedua kalinya Pemkab Tabanan memperoleh opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Perwakilan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Provinsi Bali untuk Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Tahun Anggaran 2015.

Keberhasilan Pemkab Tabanan untuk memperoleh opini WTP ini terungkap dalam penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) yang berlangsung di Gedung Kantor Perwakilan BPK RI Provinsi Bali pada Kamis (2/6/2016).

Opini WTP yang diperoleh Kabupaten Tabanan ini dikuatkan dalam piagam yang diserahkan langsung oleh Kepala Perwakilan BPK RI Provinsi Bali Dori Santosa kepada Bupati Ni Putu Eka Wiryastuti.

Penerimaan piagam itu disaksikan juga oleh Ketua DPRD Kabupaten Tabanan I Ketut Suryadi, Sekda Kabupaten Tabanan I Nyoman Wirna Ariwangsa, Inspektur Daerah Kabupaten Tabanan I Gede Urip Gunawan.

Terkait opini atas laporan keuangan yang berhasil diraih kembali oleh Tabanan itu, Bupati Ni Putu Eka Wiryastuti menegaskan bahwa WTP bukan menjadi tujuan akhir. Hal penting yang perlu dimaknai dari keberhasilan meraih WTP adalah proses untuk memperolehnya.

“Dalam prosesnya itu ada kebersamaan dan dedikasi dari semua pihak di jajaran Pemkab Tabanan. Mendapat opini WTP itu tidaklah dengan proses yang instan. Untuk mendapatkannya ada proses terstruktur yang harus dilakukan dengan mengedepankan pembenahan fungsi dan sistem pengendalian internal,”paparnya.

Karena itu, dia pun mengajak semua pihak di jajaran Pemkab Tabanan termasuk pihak legislatif untuk saling menjaga kebersamaan untuk membangun Kabupaten Tabanan secara berkelanjutan. “Mari selalu jaga hati dan pikiran kita untuk hal-hal positif untuk mewujudkan Tabanan Serasi,” ujarnya menghimbau.

Di kesempatan yang sama, Bupati Eka juga menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Perwakilan BPK RI Provinsi Bali yang telah bersedia membangun kerja sama dan meluangkan waktu untuk memberi bimbingan sehingga tata kelola keuangan Kabupaten Tabanan semakin membaik dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

“Kita menyadari mempertahankan WTP itu juga tidak mudah. Arahan, bimbingan, serta komunikasi yang sudah terbangun dengan BPK harus tetap terjalin. Bimbingan dan arahan BPK tetap kami perlukan,”imbuhnya.

Terlebih, sambungnya, dengan keberhasilan Kabupaten Tabanan mempertahankan opini WTP bukan sekadar menjadi kebanggan semata. Namun, opini itu juga menjadi tantangan bagi seluruh jajaran Pemkab Tabanan untuk selalu berbenah sehingga bisa menuju Good Governance.

“Perlu penyesuaian secara menyeluruh dengan kondisi pemerintahan seperti sekarang ini. Tuntutan transparansi, akuntabilitas, sulit dipenuhi tanpa didukung kapasitas dan support dari semua pihak. Dengan revolusi mental dan reformasi birokrasi mari kita jaga kepercayaan rakyat untuk Tabanan yang kita cintai,” tandasnya.hai


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER