Otoritas Bandara Ngurah Rai Terapkan "Background Check" Bagi Pegawainya

  • 19 Februari 2016
  • 00:00 WITA
  • Denpasar
  • Dibaca: 5289 Pengunjung
suaradewata.com

Denpasar, suaradewata.com - Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai dalam waktu dekat akan melakukan background check atau pengecekan latar belakang pekerja di seluruh tingkatan atau level. Aturan yang sama diberlakukan di semua bandara di Indonesia dan pulau Bali menjadi bandara yang pertama menerapkannya.

"Background check ini dilakukan internal seluruh perusahaan yang beroperasi di Ngurah Rai. Siapapun yang bekerja di bandara harus clean and clear," kata Kepala Otoritas Bandara Wilayah IV Bali dan Nusa Tenggara, Yusfandri Gona dihubungi di Denpasar, Jumat (19/02).

Menurut Yusfandri, background check berfungsi seperti Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) di Bandara Ngurah Rai, yang memastikan seluruh karyawan memiliki rekam jejak yang baik. Hal ini untuk mengantisipasi penyimpangan-penyimpangan yang dilakukan oknum karyawan, seperti pemalsuan izin penerbangan (flight approval), pilot yang tersangkut narkoba, dan pencurian bagasi pesawat.

"Pemeriksaan berlaku sama untuk semuanya, mulai dari porter, pramugari, pilot, hingga manajemen level atas," ujar Yusfandri.

Pemeriksaan akan dilakukan secara menyeluruh baik karyawan berstatus tidak tetap (outsourcing) dan karyawan tetap. Data otoritas menunjukkan 70 persen pekerja di Bandara Ngurah Rai berstatus karyawan tidak tetap. Kegiatan pengecekan latar belakang karyawan tersebut akan dimulai pada pekan depan dengan melalui sebuah Workshop.sia


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER