Tender Pengerjaan Renovasi Pasar Seririt Akhir Februari 2016

  • 18 Februari 2016
  • 00:00 WITA
  • Buleleng
  • Dibaca: 4410 Pengunjung
suaradewata.com

Buleleng, suaradewata.com - Pasca mengalami peristiwa kebakaran pada tahun 2014 silam, renovasi Pasar Seririt segera akan masuk tender. Lelang penyelesaian renovasi tersebut dipastikan paling lambat akhir bulan Februari 2016. Pasalnya, rencana renovasi tersebut pun sudah dirancang sejak tahun 2015 lalu.

Hal tersebut disampaikan  Kepala Dinas Koperasi, Perdagangan dan Perindustrian (Diskopdagrin) Buleleng, Ir Ni Made Arnika, Kamis (17/2). Menurut Arnika, Pasar Seririt dianggarkan dari APBD Kabupaten Buleleng senilai Rp 12 Miliar. Jumlah anggaran tersebut nantinya akan digunakan untuk memperbaiki ribuan kios yang ada di pasar seririt.

“Segera akan ditenderkan, karena Detail Enginering Design (DED) sudah selesai pada September 2015 lalu,” ujar Arnika.

Arnika juga mengatakan, sebelum ditentukan keputusan perehaban pasar Seririt, sudah sempat menjalani test harmer untuk cek kekuatan dasar bangunan. Karena dinilai masih kuat dan layak, maka kerusakan pasar Seririt yang diakibatkan oleh peristiwa kebakaran hebat tersebut lanjut hanya akan bangun kembali.

Selain renovasi pasar Seririt, Arnika juga menjelaskan juga akan ada revitalisasi tiga pasar desa. Awalnya Pemkab Buleleng menyediakan anggaran sebesar Rp 14 Miliar untuk perbaikan pasar. Dimana, Rp12 Miliar telah dialokasikan untuk renovasi pasar Seririt.

Nah Sisanya sebanyak Rp2 Miliar akan dibagikan untuk tiga revitalisasi pasar desa, yang besar anggarannya kisaran Rp500 sampai dengan Rp800 Juta. Ketiganya adalah Pasar Desa Bebetin, Pasar Desa Penarukan, serta Pasar Desa Banyuning.

Ketiga pasar desa itu sudah sempat diajukan dalam Musrenbang 2014 lalu akan tetapi belum bisa dijawab pemerintah pada tahun 2015.

“Rencananya memang tiga pasar itu. Ketiganya sudah masuk Musrenbang 2014. Tapi karena tahun ini anggarannya terbatas maka baru bisa kami jawab tahun 2016,” jelas Arnika.

Menurut Arnika perbaikan tiga pasar tradisional itu belum final. Pihaknya masih berusaha mencari anggaran tambahan dari kementerian, agar ada lebih banyak pasar desa lagi yang bisa direhab. Karena sampai saat ini terdata masih ada puluhan pasar desa yang ada di antrean untuk direvitalisasi.

“Kami masih berusaha mengajukan dana tugas pembantuan dan dana alokasi khusus ke beberapa kementerian. Harapannya dari kementerian bisa membantu kami memberikan tambahan dana untuk rehab pasar desa lainnya,” imbuhnya.adi


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER