KODAM XVII Cendrawasih, Bantah Ada Peresmian Kantor OPM di Wamena

  • 18 Februari 2016
  • 00:00 WITA
  • Nasional
  • Dibaca: 3550 Pengunjung
ayonews.com

Jayawijaya, suaradewata.com – Adanya isu peresmian kantor Organisasi Papua Merdeka di Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Papua Barat lansung dibantah Kepala Penerangan Komando Daerah Militer XVII/Cenderawasih Kolonel Inf Teguh Pudji Raharjo. Pihaknya menegaskan tidak ada peresmian kantor United Liberation Movement For West Papua (ULWP) seperti yang dinyatakan OPM.

OPM mengklaim bahwa kegiatan itu dihadiri oleh 5.000-an orang. Peresmian kantor ULWP ini dilakukan secara tertutup. Kehadiran lembaga ini bersama perkumpulan negara-negara di kawasan Melanesia berperan untuk mendorong referendum Papua ke Dewan Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Kolonel Inf Teguh Pudji Raharjo mengatakan, pihaknya memang mendapat informasi adanya pertemuan warga. Namun, kegiatan itu terlaksana di kantor Dewan Adat Papua Kabupaten Jayawijaya. “Di gedung itu hanya berkapasitas hingga 200 orang, sementara OPM mengklaim 5.000 orang yang menghadiri kegiatan peresmian ULWP,” kata Teguh seperti dikutip dari media online Ayonews.com.

Menurut Teguh, kemungkinan besar pertemuan itu terlaksana secara tertutup sehingga tak diketahui aparat keamanan. “Berdasarkan informasi intelijen, tak ada pengerahan massa sebanyak ribuan orang. Selain tak ada bukti foto yang menunjukkan adanya kegiatan peresmian tersebut,” kata Teguh. red


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER