Bayar Kaul, Pelawak Sengap Gundul demi Eka Jaya

  • 17 Februari 2016
  • 00:00 WITA
  • Tabanan
  • Dibaca: 9242 Pengunjung
suaradewata.com

Tabanan, suaradewata.com – Bukan Sengap namanya kalau ndak bikin sensasi, pelawak asal Tabanan yang memiliki nama asli Nyoman ardika, 33 menggegerkan acara serah terima  Bupati Tabanan, Rabu, (17/2). Bagaimana tidak usai acara serah terima tiba-tiba sangat datang ke kantor bupati dalam keadaan gundul namun pakaiannya rapi lengkap dengan jas dan sepatu. Selain itu sengap datang berjalan kaki diiringi gambelan sekaha barong bangkung lengkap dengan tedung.

Usut punya usut, Sengap rupanya membayar kaul atas kemenangan Ni Putu Eka Wiryastuti – I Komang Ged Sanjaya (Eka – Jaya) dalam pilkada Tabanan lalu. “Saya bayar kaul, Eka Jaya Menang Pilkada dan tadi jalan kaki dari Rumah Pak Wakil di Dauh Pala kesini (kantor Bupati) sekitar 2 Km,” ucap Sengap yang terlihat kepala pelontosnya penuh keringat. Diapun mengaku rela menggundul kepalanya demi kemenangan Eka Jaya. “Seumur-umur baru kali ini saya Gundul, rupanya panas,” ucap Sengap dengan gayanya yang khas.

Sebenarnya Sengap, paginya sekitar pukul 10.00 wita, sengap sudah datang ke Kantor Bupati dengan membawa gunting sendiri. Saat itu pakaiannya masih biasa dan tidak memakai mickup, rambutnya juga masih panjang. Sebelum acara Sertijab dimulai, Sengap mendaulat Wakil Bupati Komang Gede Sanjaya mencukur rambutnya secara simbolis di depan pintu masuk kantor Bupati. Setelah mencukur rambut Sengap sebagai simbolis, Sengap kemudian pergi ke Dauh Pala ke rumah Sanjaya. “Tunggu disini, nanti habis acara saya datang kesini dengan kepala sudah Gundul,” janjinya.

Benar saja, bertepatan dengan Sertijab selesai, tiba-tiba di jalan depan kantor Bupati terjadi kegaduhan. Rupanya Sengap yang datang berjalan kaki dengan kepala pelontos serta pakaian rapi memakai jas serta mickup pelawak menjadi tontonan warga. Yang bikin unik, Sengap berjalan memakai jas diiringin gambelan sekehe barong bangkung. Tidak hanya itu, dikanan kiri Sengap berjalan dua orang yang membawa tedung memayungi Sangap. Sampai di kantor Bupati Sengap kemudian langsung masuk ke ruangan Wakil Bupati, Komang Sanjaya. Dia kemudian duduk di kursi empuk di ruangan Wakil Bupati.”Pang Taen Gen Negak di kursi wakil bupati (biar pernah saja duduk di kursi wakil bupati),” ucapnya. Kebetulan disana berkumpul beberapa anggota DPRD Tabanan seperti I Nyoman Arnawa, I Wayan Lara, AA. Dharma Putra alias Gung Baron, Edy Nugraha Giri dan Gst Ngurah Mayun. Melihat kedatangan Sengap dengan tampilan barunya kontan saja membuat Wakil Bupati senyam senyum begitu juga dengan para anggota dewan. Beberapa diantara meraka malah fose bersama Sengap yang gundul.

Sengap kemudian bercerita, bahwa janji untuk gundul jika Eka – Jaya menang diucapkannya pada saat pesta rakyat Eka – Jaya di Gedung Mario pada masa kampanye lalu. “Komang Sanjaya (wakil Bupati) adalah sahabat saya sebelum menjadi wakil bupati periode lalu, begitu juga bu Eka, ini bukti kecintaan saya kepada Tabanan” ucapnya. Diapun berharap dibawah kepemimpinan Eka Jaya Tabanan bisa lebih baik. “selama ini seniman sudah mendapat perhatian, kedepannya saya berharap para seniman diberikan ruang yang lebih lagi, sehingga kita terus berkarya,” harapnya.

Atas aksi Sengap itu, Sanjaya merasa terharu dan memberikan apresiasi. “Saya memberikan apresiasi, bagaimanapun apa yang dilakukan sengap sebagai bentuk komitmen dalam ikut membangun Tabanan,” ucapnya. Bahkan Sanjaya juga ternpirasi, jika nanti pada 2021 dirinya terpilih menjadi Bupati, maka bukan hanya sengap, tapi para anggota dewan juga akan kaul Gundul. “Nanti pada tahun 2021 kalau saya jadi bupati, temen-temen DPRD Tabanan akan gundul,” ucapnya. Hal itu dibenarkan Ketua Komisi II DPRD Tabanan, I Nyoman Arnawa yang juga sekretaris DPC PDIP “Iya benar itu kami nanti akan gundul, dan saya yang pertama akan gundul,” ucap Nyoman Arnawa alias Komet. ina


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER