Antaguna Kembali Nahkodai KNPI Bali

  • 07 Mei 2015
  • 00:00 WITA
  • Denpasar
  • Dibaca: 3921 Pengunjung

Denpasar, suaradewata.com - Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Bali baru akan menggelar Musyawarah Daerah (Musda) XIII, Jumat (8/5). Hanya saja sebelum palu tanda dimulainya Musda diketok, nahkoda KNPI Bali untuk empat tahun ke depan sudah dipastikan tetap di bawah kendali Nyoman Gede Antaguna.


Calon petahana ini dipastikan akan terpilih secara aklamasi di arena Musda XIII KNPI Bali, karena menjadi satu-satunya figur yang mendaftarkan diri sebagai bakal calon ketua umum DPD KNPI Bali. Selama dua hari bursa pendaftaran calon ketua umum dibuka, tanggal 4-5 Mei, hanya Antaguna yang mendaftarkan diri.

"Tanggal 4-5 Mei kita buka pendaftaran. Ternyata yang mendaftar hanya incumbent," jelas Ketua Steering Committee (Panitia Pengarah) Musda XIII KNPI Bali Petrus Analalo, dalam jumpa pers di Denpasar, Kamis (7/8).

Meskipun hanya ada calon tunggal, pihaknya tetap melakukan prosedur sebagaimana telah ditetapkan Peraturan Organisasi (PO) KNPI. Di antaranya, melakukan verifikasi mengenai persyaratan menjadi calon ketua umum KNPI Bali.

"Tanggal 6 Mei kita melakukan verifikasi, dan semuanya dinyatakan memenuhi syarat. Termasuk di antaranya terkait syarat tentang umur, Antaguna sudah memenuhi syarat sebagaimana ketentuan PO KNPI," tegas Petrus.

Prosedur lainnya yang juga akan dilakukan adalah tahapan agenda pemilihan di arena Musda XIII KNPI Bali. "Meskipun sudah dipastikan aklamasi, tahapan prosedural tetap akan kita lakukan. Walaupun agenda pemilihan ketua, otomatis sudah tidak ada," papar Wakil Ketua DPD KNPI Bali.

Pada kesempatan tersebut, Petrus juga membantah keras sinyalemen bahwa munculnya kandidat tunggal ini lantaran tak banyak organisasi kemasyarakatan pemuda (OKP) yang bernaung di bawah KNPI Bali, yang mengetahui adanya pendaftaran bakal calon ketua umum serta pelaksanaan Musda KNPI. Menurut dia, seluruh OKP sudah diundang, termasuk disampaikan pemberitahuan terkait pendaftaran kandidat.

"Kami pastikan bahwa semuanya sudah menerima surat undangan Musda. Dalam undangan tersebut juga disampaikan mengenai syarat menjadi ketua, termasuk masa pendaftaran bakal calon," ujar Petrus, yang didampingi Ketua Panitia Pelaksana Musda XIII KNPI Bali Indra Primantara dan Ketua DPD KNPI Bali Nyoman Gede Antaguna.

Sementara Antaguna, pada kesempatan tersebut mengatakan, Musda XIII KNPI Bali sesungguhnya dilaksanakan pada tanggal 26 April lalu. Namun suksesi ini diundur hingga tanggal 8 Mei, karena DPP KNPI baru dilantik pada tanggal 29 April lalu.

Untuk Musda ini, diakuinya Ketua dan Sekjend DPP KNPI juga hadir. "Mereka sudah tiba di Bali, H-1 sebelum Musda dilaksanakan," kata Antaguna.

Tentang gambaran 'kabinet' KNPI Bali yang membantunya ke depan, diakui Antaguna, sepenuhnya akan diputuskan oleh Tim Formatur yang dipilih forum Musda nanti. "Yang jelas saya akan melakukan perbaikan untuk kabinet ke depan," pungkas Antaguna, yang juga lawyer ini. san


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER