Empat Nakes Puskesmas Di Bangli Diadu Ke Propinsi

  • 05 Mei 2015
  • 00:00 WITA
  • Bangli
  • Dibaca: 2356 Pengunjung

Bangli, suaradewata.com - Keberhasilan pelayanan kesehatan melalui Puskesmas memberikan kontribusi yang cukup besar dalam mewujudkan Indonesia sehat. Oleh karenannya, pemilihan tenaga kesehatan teladan di Puskesmas diharapkan dapat menjadi satu motivasi untuk meningkatkan minat tenaga kesehatan bekerja di puskesmas. Demikian dikatakan Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kabupaten Bangli Drs. I Wayan Lawe, MM, saat menerima Tim Penilai Tenaga Kesehatan Teladan Puskesmas Tingkat Provinsi Bali Tahun 2015 di ruang pertemuan Diskes Kabupaten Bangli, Selasa (05/05/2015).

Lebih lanjut Asisten Wayan Lawe menyampaikan, pemilihan tenaga kesehatan teladan Puskesmas (Nakes) yang meliputi tenaga medis Dokter, Perawat/Bidan, Tenaga Kesehatan Masyarakat dan Tenaga Gizi, mempunyai makna yang sangat penting sebagai motivator terciptanya tenaga kesehatan yang mempunyai sikap nasionalis, etis dan professional. Disamping itu kegiatan ini diharapkan dapat merangsang Nakes dapat memiliki semangat mengabdi, disiplin, kreatif dan memegang teguh etika profesi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. “Kita berharap lomba nakes ini akan memberikan dampak positif bagi tenaga medis di Kabupaten Bangli”harapnya.

Disisi lain, Kadiskes Kabupaten Bangli dr. I Nengah Nadi mengatakan, persiapan Kabupaten Bangli untuk mengikuti Penilaian Tenaga Kesehatan Teladan Puskesmas Provinsi Bali Tahun 2015 sudah dimulai sejak bulan Pebruari 2015 dengan melakukan tahapan seleksi awal sesuai dengan kriteria penilaian sesuai dengan Nakes yang akan dilombakan. Setidaknya ada 48 orang tenaga medis dari 12 Puskesmas se Kabupaten Bangli mengikuti tahapan seleksi. Setelah melewati proses yang cukup panjang diperoleh juara dimasing-masing kategori yang akan menjadi duta Bangli. Dimana untuk kategori tenaga medis dokter Bangli akan diwakili oleh dr. Ang Yuli dari Puskesmas Kintamani III, sedangkan tenaga keperawatan diwakili oleh Sang Ayu Putu Suastini dari Puskesmas Kintamani VI, kategori tenaga kesehatan masyarakat diwakili oleh Nyoman Lanus dari Puskesmas Bangli Utara dan kategori tenaga gizi Bangli diwakili oleh Nengah Kinsan dari Puskesmas Susut II.

Sementara itu Ketua Tim Penilai Tenaga Kesehatan Teladan Puskesmas dr. Ni Made Laksmidewi mengatakan, Bangli merupakan kabupaten kedua yang dikunjungi tim penilai setelah sebelumnya, Senin (4/5) Kabupaten Jembrana yang dinilai pertama. Menurutnya, penilaian tenaga kesehatan teladan merupakan program tahunan yang dilaksanakan pemerintah pusat sebagai upaya memberikan apresiasi dan penghargaan kepada tenaga kesehatan yang bertugas dilapangan. Terlebih juara satu dari masing-masing tenaga kesehatan akan mendapat kehormatan diundang oleh Bapak Presiden ke Jakarta serangkaian memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia.

Lanjut Laksmidewi, untuk memberikan penilaian yang lebih obyektif dan transparan, peserta lomba nakes ini harus melewati tiga tahapan tes, yakni tes tulis, wawancara dan penilaian lapangan serta beberapa indicator tambahan, seperti masa kerja, tanda penghargaan dan pelatihan yang pernah diperoleh, pendidikan dan wilayah geografis tempatnya bertugas. “Kita berharap dengan penilaian yang obyektif, akan terpilih tenaga kesehatan yang memang memiliki kualitas dan dedikasi tinggi terhadap perkembangan dunia kesehatan khususnya di Provinsi Bali”harapnya. ard

 


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER