PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

Jalan Anyelir I, Nomor 4A, Desa Dauh Peken, Kec. Tabanan, Kab. Tabanan, Bali

Call:0361-8311174

[email protected]

Menparekraf Dorong Tabanan Punya Subsektor Ekonomi Kreatif Unggulan

Selasa, 18 Juni 2024

12:19 WITA

Tabanan

1465 Pengunjung

PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno memberikan materi dalam kegiatan Pengembangan Kabupaten/Kota Kreatif (KaTa Kreatif) 2024 di Gedung Kesenian I Ketut Maria, Tabanan, Jumat (14/6/2024). sumber foto: ran/SD

Tabanan, suaradewata.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mendorong Pemerintah Kabupaten Tabanan, Bali, untuk melakukan uji petik PMK3I (Penilaian Mandiri Kabupaten Kota Kreatif) sebagai upaya memperkuat ekosistem ekonomi kreatif di daerah. 

Menparekraf Sandiaga Uno mengatakan bahwa Kabupaten Tabanan memiliki potensi yang besar dalam pengembangan ekosistem ekonomi kreatif. Hal itu disampaikannya ketika menghadiri giat Pengembangan Kabupaten/Kota Kreatif (KaTa Kreatif) 2024 di Gedung Kesenian I Ketut Maria, Tabanan, Jumat (14/6/2024).

"Kalau saya lihat tadi yang bisa jadi unggulan pertama adalah seni pertunjukan, folklore and Art. Tapi ada kemungkinan juga untuk kuliner (sebagai unggulan)," kata Menparekraf Sandiaga.

Menurut Sandiaga sudah sepatutnya Kabupaten Tabanan mengikuti uji petik untuk menentukan subsektor ekonomi kreatif unggulan yang akan menjadi pendorong pengembangan ekonomi kreatif di Kabupaten Tabanan.

Uji Petik PMK3I ini merupakan upaya pemerintah untuk mendorong kebangkitan ekonomi kreatif dan memfasilitasi para pelaku ekonomi kreatif juga pelaku UMKM dalam bereksplorasi dan mengembangkan ide-ide kreatif dan inovatif yang memiliki nilai tambah dan nilai jual yang tinggi.

Sehingga dengan memfasilitasi para pelaku ekonomi kreatif dan pengusaha UMKM untuk mengeksplorasi dan mengembangkan ide-ide kreatif dan inovatif para pelaku ekonomi kreatif dapat memiliki nilai tambah dan memperkuat branding dari produk-produknya.

"Oleh karena itu mari kita sama-sama meminta bupati agar Tabanan diikutsertakan pada proses uji petik kabupaten kreatif. Silakan para pelaku ekonomi kreatiflah yang akan menentukan, nanti dikolaborasikan, nanti kita lakukan proses uji petik,” kata Menparekraf. 

Setelah uji petik dilakukan maka Kabupaten Tabanan nantinya akan dapat masuk ke dalam jejaring kabupaten/kota kreatif. Bahkan bisa diajukan untuk masuk dalam jejaring Creative Cities Network atau Jaringan Kota Kreatif UNESCO.ran/adn


Komentar

Berita Terbaru

\