PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

Jalan Anyelir I, Nomor 4A, Desa Dauh Peken, Kec. Tabanan, Kab. Tabanan, Bali

Call:0361-8311174

[email protected]

KIM Plus Resmi Terbentuk di Tabanan

Senin, 10 Juni 2024

09:29 WITA

Tabanan

1435 Pengunjung

PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus resmi dibentuk di Kabupaten Tabanan pada Sabtu (8/6/2024). sumber foto : ayu/SD

Tabanan, suaradewata.com - Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus resmi dibentuk di Kabupaten Tabanan pada Sabtu (8/6/2024) sore, meskipun Partai Golkar tidak hadir dalam pembentukan tersebut. Enam partai yang menghadiri acara ini adalah Gerindra, Demokrat, Gelora, PSI, PBB, dan Nasdem.

Pembentukan KIM Plus di Tabanan belum sepenuhnya sejalan dengan pembentukan koalisi serupa di tingkat provinsi dan kabupaten/kota lainnya di Bali. Pada rapat pertama yang digelar 19 Maret lalu, Partai Golkar hadir dan menyatakan dukungannya terhadap pembentukan KIM Plus, namun memiliki pandangan berbeda terkait calon yang representatif untuk Pilkada Tabanan.

Ketua Partai Demokrat Tabanan, I Wayan Adnyana, menegaskan bahwa KIM Plus Kabupaten Tabanan telah resmi terbentuk. "Pada rapat pertama, tujuh partai termasuk Golkar telah sepakat membentuk KIM Plus di Tabanan. Namun, Golkar masih menunggu keputusan dari rapat tingkat DPD. Hingga rapat kedua, kami masih menunggu keputusan Golkar, tapi hingga kini belum ada keputusan bulat," jelas Adnyana usai rapat.

Adnyana mengartikan ketidakhadiran Golkar dalam pembentukan KIM Plus sebagai adanya perbedaan pandangan dibandingkan dengan rapat KIM Plus di tingkat provinsi. Menurutnya, KIM Plus harus dibentuk hingga tingkat kabupaten/kota sesuai keputusan rapat di provinsi.

"Kami selalu berpikiran positif terhadap teman-teman di Partai Golkar. Saya sempat menghubungi Ketua Golkar, Pak Wirya, yang mengatakan sedang berada di luar daerah, dan sekretarisnya juga sedang berada di rumah sakit," kata Adnyana.

Meskipun Golkar belum bergabung, Adnyana meyakini bahwa keputusan KIM Plus di tingkat provinsi akan diterapkan di Kabupaten Tabanan. Masyarakat Tabanan tidak menginginkan adanya calon tunggal melawan kotak kosong dalam Pilkada, karena dianggap tidak sejalan dengan asas demokrasi. "Kami ingin memastikan KIM Plus terjadi supaya ada kontestasi yang normal di Tabanan," ujarnya.

Adnyana juga menyatakan bahwa Ketua KIM Plus sementara adalah Ketua Pemenangan Tim Prabowo-Gibran, I Ketut Carma. Struktur pimpinan resmi KIM Plus di Tabanan masih dalam pembahasan. "Selain itu, pendaftaran bakal calon bupati dan wakil bupati telah dibuka mulai hari ini," tegasnya.

Meskipun pendaftaran baru dibuka, Adnyana menyebut bahwa tim sudah memiliki calon yang mumpuni dan representatif, sesuai permintaan Partai Golkar pada rapat pertama. "Kami dari Demokrat dan Partai Gerindra telah didatangi beberapa tokoh. Calon sudah siap, namun belum akan diumumkan sekarang," tandas Adnyana. ayu/adn


Komentar

Berita Terbaru

\