PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

Jalan Anyelir I, Nomor 4A, Desa Dauh Peken, Kec. Tabanan, Kab. Tabanan, Bali

Call:0361-8311174

[email protected]

SD Negeri 4 Tukadsumaga Raih Prestasi Nasional Di Kompetisi AIA Healthiest Schools

Minggu, 26 Mei 2024

19:11 WITA

Buleleng

1311 Pengunjung

PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

Buleleng, suaradewata.com- Sekolah Dasar (SD) Negeri 4 Tukadsumaga, yang terletak di Banjar Dinas Yeh Mas, Desa Tukadsumaga, Kecamatan Gerokgak, Kabupaten Buleleng telah mencatatkan prestasi gemilang dengan meraih peringkat ketiga tingkat nasional dalam kompetisi AIA Healthiest Schools. 

Kompetisi ini merupakan kolaborasi antara Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia (Kemendikbudristek RI), AIA, dan Majalah Bobo dalam rangka mewujudkan Sekolah Sehat melalui AIA Program Healthiest Schools.

AIA Healthiest Schools merupakan program yang menyediakan materi pembelajaran untuk guru, yang bertujuan membangun kebiasaan hidup sehat serta merencanakan dan menerapkan perubahan positif di lingkungan sekolah.

Dimana program ini menitikberatkan pada empat pilar utama diantaranya Makan Sehat, Gaya Hidup Aktif, Kesehatan Mental, serta Sehat & Lestari. Setelah sukses diluncurkan di beberapa negara Asia pada tahun 2022, program ini diperkenalkan di Indonesia pada Agustus 2023 dan kompetisi berlangsung hingga 8 Maret 2024.

Sekolah yang dipimpin oleh I Gede Yuda Permana, S.Pd ini mengikuti kompetisi dengan penuh semangat, meski berada di wilayah pinggiran yang jauh dari pusat kota. Kepala Sekolah SD Negeri 4 Tukadsumaga mendapatkan informasi tentang kompetisi ini dari BPMP Bali dan menelusurinya melalui Instagram Majalah Bobo. Semangat kompetisi ini menjadi pendorong bagi seluruh warga sekolah untuk berpartisipasi.

Dengan berfokus pada penerapan empat pilar AIA Healthiest Schools, SD Negeri 4 Tukadsumaga berhasil menyiapkan segala persyaratan yang diperlukan untuk kompetisi ini. Mereka melakukan narasi tentang gerakan empat pilar, serta mendokumentasikan kegiatan melalui foto-foto pendukung. Keterbatasan tidak menjadi penghalang bagi mereka, karena kebiasaan menerapkan empat pilar ini sudah terbentuk sejak lama di sekolah tersebut.

Pada Selasa, 21 Mei 2024, kabar gembira datang dari panitia pelaksana kompetisi AIA Healthiest Schools yang mengumumkan bahwa SD Negeri 4 Tukadsumaga berhasil meraih peringkat ketiga nasional dalam kategori SD. Prestasi ini menjadi bukti nyata bahwa semangat dan dedikasi dalam menciptakan lingkungan sekolah yang sehat dan bahagia dapat membuahkan hasil yang membanggakan.

Keberhasilan ini diharapkan dapat menginspirasi sekolah-sekolah lain di seluruh Indonesia untuk terus mengembangkan program-program kesehatan yang berkelanjutan dan bermanfaat bagi seluruh komunitas sekolah. SD Negeri 4 Tukadsumaga telah membuktikan bahwa dengan semangat dan kerja keras, segala keterbatasan dapat diatasi untuk mencapai prestasi yang membanggakan.sad/adn

 


Komentar

Berita Terbaru

\