PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

Jalan Anyelir I, Nomor 4A, Desa Dauh Peken, Kec. Tabanan, Kab. Tabanan, Bali

Call:0361-8311174

[email protected]

Pemkab Bangli 8 Kali Berturut-Turut Raih Opini WTP Dari BPK

Jumat, 24 Mei 2024

10:19 WITA

Bangli

1323 Pengunjung

PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

Bupati Bangli, Sang Nyoman Sedana Arta saat menerima LHP dari BPK RI Perwakilan Bangli. SD/ist

Bangli, suaradewata.com - Untuk ke-8 kalinya, Pemerintah Kabupaten Bangli secara berturut-turut kembali meraih Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas audit Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Pemeriksaan Tahun 2024 atas LKPD Tahun Anggaran 2023. Penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) diterima Bupati Bangli, Sang Nyoman Sedana Arta dan Wakil Ketua DPRD Bangli, I Nyoman Budiada yang disaksikan Anggota VI BPK RI, Pj. Gubernur Bali dan Ketua DPRD Bali di Ruang Rapat Utama Gedung DPRD Provinsi Bali pada hari Rabu, (22/5/2024).

Kepala BPK RI Perwakilan Bali I Gusti Ngurah Satria Perwira, mengatakan Pemerintah Kabupaten/Kota se-Bali termasuk Bangli, sukses mempertahankan pencapaian opini WTP LKPD Tahun Anggaran 2023. Hal ini menunjukkan bahwa komitmen Pemerintah Provinsi Bali serta Kabupaten/Kota se-Bali beserta jajaran Perangkat Daerahnya terhadap kualitas laporan keuangan yang dihasilkan. 

Disebutkan, Bangli raih Opini WTP atas audit LKPD pertama kali pada Tahun Anggaran 2016, dan Pemeriksaan Tahun 2024 atas LKPD Tahun Anggaran 2023, mampu mempertahankan Opini WTP yang diraih secara berturut turut 8 kali. Opini WTP yang telah diraih secara berturut turut 8 kali ini, menandakan integritas, kredibilitas dan akuntabilitas kinerja dalam melaksanakan tata kelola pemerintahan dan pelayanan publik telah meningkat dan semakin membaik.

"Opini WTP bahwa laporan Keuangan telah disajikan secara wajar dalam semua hal yang material, posisi keuangan (neraca), hasil usaha atau Laporan Realisasi Anggaran, Laporan Arus Kas, sesuai dengan prinsip akutansi yang berlaku umum," sebutnya.

Dimana, penjelasan laporan keuangan juga dinilai telah disajikan secara memadai, informatif dan tidak menimbulkan penafsiran yang menyesatkan. Dimana Indikator pemberian opini meliputi Kesesuaian dengan standar akuntansi pemerintahan, Kecukupan pengungkapan (adequate disclusures), Kepatuhan terhadap ketentuan perundangan-undangan dan efektifitas sistem pengendalian intern (SPI).                      Sementara Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta, mengapresiasi kinerja kolaboratif eksekutif dan legislatif serta semangat kerja Perangkat Daerah (PD) yang telah sukses mempertahankan opini WTP tahun ini. Hal ini menunjukkan keberhasilan dari kinerja meskipun masih ada catatan yang mesti dibenahi kedepannya. 

Menurutnya, Bangli mendapat Opini WTP merupakan kerja keras semua pihak, baik jajaran Pemkab Bangli (Eksekutif dan Legislatif) maupun partisipasi masyarakat dalam melaksanakan pembangunan di Kabupaten Bangli.

Sedana Arta juga berharap, dengan prestasi yang ada menunjukkan bahwa Pemkab Bangli dalam melakukan tata kelola Pemerintahan sesuai ketentuan dan peraturan perundang-undangan yang berlaku dilakukan secara transparan dan akuntabel. "Maka perlu ditingkatkan dari tahun ke tahun. Oleh karena itu ketika ada catatan temuan dan rekomendasi dalam LHP, agar segera ditindaklanjuti, untuk lebih meningkatkan kebaikan yang sudah ada, agar tahun ke tahun bukan hanya WTP nya tetapi semakin meningkatkan layanan tata kelola Pemerintahan yang baik, transparan dan akuntabel," tandasnya.ard/adn


Komentar

Berita Terbaru

\