PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

Jalan Anyelir I, Nomor 4A, Desa Dauh Peken, Kec. Tabanan, Kab. Tabanan, Bali

Call:0361-8311174

[email protected]

Ribuan Pelari 40 Negara Ikuti BTR Ultra, Sedana Arta Ajak Bikin Event Di Bangli

Minggu, 12 Mei 2024

19:55 WITA

Bangli

1379 Pengunjung

PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

Bupati Sedana Arta saat melepas ribuan pelari lintas alam dalam event Trail Running (BTR) Ultra 2024, Minggu (12/5). SD/Ist

Bangli, suaradewata.com - Ribuan atlit lari lintas alam dari puluhan negara ambil bagian dalam event Bali Trail Running (BTR) Ultra 2024 yang dilaksanakan di kawasan Geopark Batur, Kintamani, Bangli, Minggu (12/5/2024). Event olahraga berskala internasional ini, tentu akan membawa dampak positif bagi perkembangan pariwisata di Bangli. Karena itu, tak segan-segan Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta terus mengajak para penyelenggara sport tourism, untuk menggelar acara di Bangli. Hal ini didasari potensi alam Kabupaten Bangli, terutama di Kintamani yang dinilai sangat cocok untuk menjadi lokasi penyelengaraan event olahraga. "Tidak terbayangkan lebih dari 40 negara dan lebih dari 1800 pelari lintas alam ikut dalam acara hari ini," ungkap Bupati Sedana Arta usai melepas peserta event BTR Ultra 2024. 

Selama masa kepemimpinan Bupati Sedana Arta, event ini sudah dilaksanakan sebanyak tiga kali yang selalu digelar pada bulan Mei. Selain mampu mengenalkan potensi alam di Bangli khususnya Kintamani, acara ini juga membawa efek yang besar. Mulai dari akomodasi hingga perekonomian dan UMKM di wilayah Kabupaten Bangli. "Sesuai laporan panitia per hari Sabtu, jumlah transaksi di booth UMKM mencapai Rp 1 miliar. Selain itu lebih dari sepekan akomodasi di Kintamani penuh, sehingga susah mendapatkan kamar," beber Sedana Arta.

Oleh sebab itu Bupati asal Desa Sulahan, Kecamatan Susut ini mengapresiasi pihak penyelenggara dan sponsor, yang telah mempersiapkan acara secara optimal. Selaku Pemerintah Daerah Kabupaten Bangli, Sedana Arta juga menyambut baik event-event seperti ini. Dengan dukungan alam kaldera yang sangat menakjubkan, pihaknya juga mempersilakan bagi komunitas-komumitas lainnya yang mau menyelenggarakan event olahraga di Bangli. "Tentu kami akan selalu membuka diri serta mendukung penuh terkait dengan sport tourism," tegasnya. 

Sementara Panitia BTR Ultra 2024, Kadek Darma Susila menilai geopark di Kintamani merupakan salah satu hal yang ikonik. Inilah yang menjadi alasan Kintamani dipilih sebagai tempat diselenggarakannya event. "Disamping itu bentang alam di Kintamani ini cukup luas. Tentu selaku panitia, kami akan lebih mudah mengeksplor daerah yang memiliki view cukup banyak dari segala sisi. Baik itu dari Abang, ataupun dari Kintamani," ungkapnya. 

Hal tersebut pula yang menjadi komitmen panitia untuk menghadirkan sesuatu yang baru, berkolaborasi dengan pemerintah dan juga dengan swasta. Bagaimana mengangkat potensi Kintamani bisa lebih dikenal dan juga memberikan efek pada warga. "Karena geologis Kintamani yang sangat luas, kami punya rencana tahun depan tidak hanya sampai 85 kilometer, tapi kami ingin 100 kilometer. Kemungkinan bisa nyebrang sampai Karangasem. Karena target kami selanjutnya menyeberangi tiga gunung. Mulai dari Gunung Batur, Abang, dan juga akan naik ke Gunung Agung," pungkasnya.ard/adn


Komentar

Berita Terbaru

\