PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

Jalan Anyelir I, Nomor 4A, Desa Dauh Peken, Kec. Tabanan, Kab. Tabanan, Bali

Call:0361-8311174

[email protected]

SPPBE Berperan Penting Menjaga Ketersediaan Gas LPG 3KG selama Idul Fitri

Minggu, 21 April 2024

18:05 WITA

Gianyar

1500 Pengunjung

PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

Suasana Antrian pengisian gas LPG di SPPBE Dasico Panca Rena. Sumber : rls/gus

Gianyar, suaradewata.com - Pertamina Patra Niaga Jatimbalinus telah menggelontorkan tambahan 138.320 tabung LPG/elpiji 3 kilogram (kg) bersubsidi ke Provinsi Bali secara bertahap, mulai dari H-7 hingga H+7 Lebaran 2024. Hal ini bertujuan untuk menambah rasa aman dan nyaman masyarakat di Bali dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri 1445 H dan peningkatan wisatawan di masa libur Lebaran tahun ini. Tambahan tabung tersebut sebesar 53 persen dari konsumsi normal harian LPG 3 kg bulan April 2024 yang sebesar 262.897 tabung per hari atau setara 789 metrik ton per hari, konsumsi LPG secara keseluruhan di bulan Ramadan Idul Fitri diprediksi naik 2,2 persen dengan puncak konsumsi H-3 hingga H+2 Idul Fitri.

Pertamina tidak ingin momen hari raya ini dimanfaatkan oleh pihak-pihak tertentu yang mengambil keuntungan dengan meningkatkan harga jual di atas HET. Sehingga, pertamina menyiapkan sekitar 138.320 tabung LPG 3kg dengan tujuan menstabilkan harga di masyarakat.

Menyikapi imbauan dari Petamina Patra Niaga tersebut, I Komang Widana selaku Kepala Operasional SPPBE PT. Dasico Panca Rena Gianyar, Minggu (21/4) mengatakan bahwa Stok elpiji 3 Kg di Stasiun Pengisian dan Pengakutan Bulk Elpiji ( SPPBE ) dalam kondisi aman, dimana pendistribusian elpji 3 Kg dari SPPBE ke Agen berjalan normal sesuai dengan alokasi yang dimiliki oleh masing – masing Agen. Untuk elpiji 3 Kg di SPPBE PT. Dasico Panca Rena didistribusikan ke 7 Agen resmi yang telah ditunjuk oleh Pertamina yang ada di Kabupaten Gianyar untuk selanjutnya dari agen akan menyalurkan elpiji 3 Kg kemasing – masing pangkalannya. 

Lebih lanjut disampaikan, bahwa keberadaan SPPBE PT. Dasico Panca Rena cukup berperan dan membantu dalam menjaga ketersediaan elpiji 3 Kg di Kabupaten Gianyar khususnya pada saat hari raya Idul Fitri maupun pasca Idul Fitri dengan jumlah kuota elpiji 3 Kg perhari yang di distribusikan ke Agen rata – rata 15.000 tabung. Sehingga dengan jumlah tersebut, semestinya ketersediaan LPG 3 Kg di pasaran masih aman jika pendistribusiannya tepat sasaran. Kedepan Pihak SPPBE PT. Dasico Panca Rena tetap berkomitmen untuk mengikuti kebijakan Pertamina dengan tepat waktu melakukan pengisian dan pendistribusian elpiji 3 Kg ke masing – masing agen sesuai dengan alokasinya kecuali hari libur nasional, sehingga pendistribusiannya di rapel untuk hari berikutnya.

"Saya mengimbau dan mengajak kepada masyarakat, untuk tidak panic buying apabila mengalami kesulitan dalam memperoleh elpiji 3 kg terutama pada saat hari libur, dengan tujuan untuk mencegah adanya pembelian gas dalam jumlah banyak sehingga berdampak terhadap terjadinya kelangkaan elpiji 3 Kg dipasaran," katanya. rls/gus/ari


Komentar

Berita Terbaru

\