PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

Jalan Anyelir I, Nomor 4A, Desa Dauh Peken, Kec. Tabanan, Kab. Tabanan, Bali

Call:0361-8311174

[email protected]

Dekranasda Bangli Komit Gencarkan Promosi Produk UMKM

Senin, 29 April 2024

20:45 WITA

Bangli

1513 Pengunjung

PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

Dekranasda Kabupaten Bangli saat mendampingi kunker Dekranasda Propinsi Bali ke sejumlah pelaku UMKM di Bangli, Senin (28/4). SD/Ist

Bangli, suaradewata.com - Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Bangli Ny. Sariasih Sedana Arta mendampingi PJ. Ketua Dekranasda Provinsi Bali Ny. Ida Mahendra Jaya dalam kunjungan kerja (Kunker) di Kabupaten Bangli, Senin (29/04/2024). Kunjungan menyasar pengrajin-pengrajin yang menjadi binaan Dekranasda Kabuoaten Bangli. Diantaranya Pengrajin Emas Tria Aksesoris di Desa Undisan, pengrajin anyaman bambu yang dikombinasikan dengan kulit ROTB di Desa Metra, Kecamatan Tembuku. Pengrajin Tenun Ikat Giri Putri Br. Pekuwon, Kec. Bangli, Ipong Design Br. Pande Kec. Bangli.

Dalam kunjungan tersebut, Ny. Ida Mahendra Jaya menanyakan beberapa hal. Diantaranya kendala yang dihadapi pengrajin terutama dalam masalah permodalan dan pemasaran/promosi. 

Sementara salah satu pengrajin Ni Komang Rosani menyampaikan sampai saat ini dirinya belum menemukan kendala berarti. Sebab, kata dia, berkat hadirnya pemerintah di tengah tengah usaha mereka, telah mempermudah para pengrajin mengakses permodalan dan juga dilibatkannya dalam setiap pameran IKM/UMKM yang diselenggarakan oleh pemerintah,baik Dekranasda Kabupaten Bangli mau pun Dekranasda Provinsi Bali.

Disisi lain, Ketua Dekranasda Bangli Ny. Sariasih Sedana Arta mengatakan kehadirannya mendampingi kunker PJ. Ketua Dekranasda Prov. Bali adalah untuk menyerap apa masalah yang dihadapi pengrajin pengerajin IKM dan UMKM yang ada di Bangli terutama masalah permodalan, pemasaran dan promosi. "Terkait masalah promosi karena sekarang zamannya sudah digital kita harus promosi aktif di media sosial yang juga melibatkan Dinas Kominfosan, dan juga mengikuti pameran, seperti pada tanggal 15 mei Dekranasda Kab. Bangli mengikuti pameran di Solo. Jadi Kami akan hadir disana mempromosikan produk produk brand yang menjadi ikon masyarakat Bangli," ujarnya.

Jika ada pesanan dengan sekala besar, pihaknya komit akan memfasilitasi. Dalam hal ini, ditekankan kepada para pelaku UMKM untuk menjaga kualitas produknya agar bisa bersaing dengan daerah lain. Selain itu, pihaknya juga akan intens melakukan pembinaan dan pelatihan kepada para pelaku UMKM. Salah satu caranya, dengan mengoptimalkan gedung Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) di Kabupaten Bangli. "Pembinaan dan pelatihan akan intens kita laksanakan. Apalagi dengan dengan adanya gedung PLUT di kabupaten Bangli, nanti pembinaan pelaku UMKM akan kita optimalkan," jelasnya. Turut hadir dalam kunker tersebut, Ketua WHDI Kab. Bangli, Kepala Disperindag Kab. Bangli, Kadis Koprasi UMKM, Nakertrans Kab. Bangli, Camat Tembuku, Camat Bangli serta Perangkat Daerah terkait lainya di Lingkungan Pemerintahan Kab. Bangli.ard/adn


Komentar

Berita Terbaru

\