PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

Jalan Anyelir I, Nomor 4A, Desa Dauh Peken, Kec. Tabanan, Kab. Tabanan, Bali

Call:0361-8311174

[email protected]

Stok Pangan Jelang Idul Fitri Aman, Harga Relatif Stabil

Senin, 08 April 2024

17:25 WITA

Gianyar

1610 Pengunjung

PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

ilustrasi

Gianyar, suaradewata.com - Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Gianyar bersama instansi terkait telah melakukan monitoring dan evaluasi pasokan dan harga pangan selama periode Ramadan dan menjelang Idul Fitri 2024 di wilayah Kabupaten Gianyar. Hasilnya, stok pangan jelang Lebaran di wilayah Kabupaten Gianyar dipastikan mencukupi, bahkan Disperindag Kabupaten Gianyar telah melaksanakan Operasi Pasar Murah di beberapa Pasar Rakyat. Hal tersebur bertujuan untuk menekan terjadinya lonjakan harga pada saat hari Raya Lebaran, mengingat tahun - tahun sebelumnya harga beberapa kebutuhan pokok mengalami peningkatan harga yang dipengaruhi oleh meningkatnya kebutuhan bahan pokok secara nasional terkait dengan Lebaran. 

Menyikapinya adanya kelangkaan dan lonjakkan harga pangan kebutuhan pokok, I Wayan Darmayasa, salah satu pedagang sembako di Pasar Rakyat Banjar Pujung, Desa Sebatu, Kecamatan Tegallalang, Selasa (8/4/2024) mengatakan, bahwa untuk saat ini harga kebutuhan pokok di Pasar Pujung Desa Sebatu masih tetap stabil dan belum terjadinya kelangkaan maupun lonjakkan harga terkait harian Raya Lebaran. 

Sebagai pedagang sembako di wilayah Kecamatan Tegallalang untuk stok/ketersediaan sembako di kiosnya masih mencukupi dan melimpah. Terjadi kenaikan harga sembako di tingkat pedagang sangat dipengaruhi oleh harga sembako di tingkat distributor maupun di tingkat petani khususnya untuk sembako jenis bumbu dan beras. "Saya berharap agar pemerintah ikut berperan aktif untuk melakukan operasi pasar di tingkat distributor sehingga harga sembako bisa tetap stabil di tingkat pedagang/pengecer menjelang maupun pada saat hari raya Lebaran," harapnya.

Lebih lanjut disampaikan bahwa selaku pedagang sembako sangat mendukung program - program yang dilakukan oleh Pemerintah dalam menjaga ketersediaan dan kestabilan harga sembako. Apabila harga sembako di pasar masih tetap stabil maka hal tersebut akan mempengaruhi daya beli masyarakat dan secara otomatis akan menguntungkan pedagang. 

Kedepan pada saat hari Raya Lebaran untuk di wilayah Kecamatan Tegalallalang dipastikan ketersediaan sembako masih tetap aman begitu juga dengan harga masih tetap stabil khusus untuk sembako yang diperoleh dari petani lokal seperti beras, bawang merah, bawang putih dan komiditi jenis cabe. gus/ari


Komentar

Berita Terbaru

\