PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

Jalan Anyelir I, Nomor 4A, Desa Dauh Peken, Kec. Tabanan, Kab. Tabanan, Bali

Call:0361-8311174

[email protected]

Puluhan Siswa SMADARA Lolos SNBP

Kamis, 30 Maret 2023

18:05 WITA

Klungkung

1877 Pengunjung

PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

Siswa SMAN 2 Semarapura

Klungkung, suaradewata.com-  SMA Negeri 2 Semarapura menorehkan catatan gemilang. Sebanyak 65 siswa kelas XII dinyatakan lolos melalui jalur SNBP. Informasi ini didapatkan setelah pengumuman seleksi masuk perguruan tinggi negeri melalui jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) tahun 2023 resmi dirilis.

Jumlah tersebut nyaris meningkat 3 kali lipat dibandingkan capaian tahun 2022. Tahun 2022 silam, tercatat 28 siswa yang dinyatakan lolos SNBP (dulu bernama SNMPTN).

Kepala SMA Negeri 2 Semarapura Drs. I Wayan Janiarta, M.Si mengatakan, 65 siswa tersebut rata-rata tersebar ditiga perguruan tinggi negeri di Bali, yaitu Universitas Udayana, Universitas Pendidikan Ganesha, dan Politeknik Negeri Bali. “Tahun ini meningkat tajam, 5 siswa tercacat lolos Kedokteran Umum, dan 2 siswa lolos Kedokteran Gigi, ditambah lagi dengan beragam jurusan favorit lainnya,” ungkap Janiarta. 

Peningkatan jumlah siswa yang lolos masuk perguruan tinggi negeri melalui jalur SNBP ini tak lain merupakan bukti nyata gebrakan yang dibuat oleh sekolah yang terkenal dengan sebutan SMADARA ini. Janiarta mengatakan, sebagai sekolah penggerak, SMADARA telah menjalin sinergi, baik antar warga sekolah maupun dengan pihak luar. Hal tersebut dilakukan sebagai upaya dalam memberikan layanan terbaik bagi siswa. “Kami memiliki MoU dengan sejumlah instansi pemerintah maupun swasta, hal ini untuk mendukung proses pembelajaran di luar sekolah, siswa mendapatkan pengalaman nyata belajar langsung pada ahlinya,” ungkap Janiarta.   

Sementara itu dari sisi siswa, sekolah yang terkenal dengan ikon gajahnya ini terbukti memiliki kedisiplinan yang sangat tinggi. Janiarta mengatakan, siswa terbiasa datang pagi dan pulang sore serta menghabiskan waktu di sekolah. “Siswa kami terbukti memiliki disipin dan semangat belajar tinggi. Para siswa terbiasa masuk pagi pulang sore, karena kami menerapkan sistem full day school,” ungkapnya.

Selain itu, pendampingan dari para guru juga dilakukan secara intens. Baik di bidang akademik, maupun non akademik. Hal ini dibuktikan dengan capaian sebagai juara umum bidang olahraga dalam ajang Porsenijar Kabupaten Klungkung Tahun 2023. “Kami juga memiliki 45 ekstrakurikuler yang bisa dipilih oleh siswa, ini merupakan bukti pendampingan intens yang dilakukan oleh para pendidik kami. Budaya belajar yang kompetitif sesuai dengan kurikulum merdeka ini juga ikut mempengaruhi capaian SNBP tahun ini,” jelas Janiarta.

Kepala sekolah asal Rendang Karangasem ini menambahkan, beragam terobosan baru akan tetap dilakukan, sebagai bentuk layanan terbaik bagi siswa. Ini merupakan komitmen SMADARA sebagai sekolah penggerak dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka.ars/adn


Komentar

Berita Terbaru

\